Logo Network
Network

Populasi Muslim Terbanyak di China Terdapat di Provinsi Xinjiang

Ajeng Wirachmi
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 19:09 WIB
Populasi Muslim Terbanyak di China Terdapat di Provinsi Xinjiang
Orang-orang berbaur di kota tua Kashgar, Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, China, 22 Maret 2017. (Foto : Reuters/Thomas Peter)

XINJIANG, iNewsSerpong.id - Xinjiang salah satu provinsi yang menarik di China, lantaran mempunyai populasi muslim terbanyak di Negeri Panda itu. Pemeluk agama di China teremasuk minoritas.

Fakta publikasi dari Council of Foreign Relations (CFR), agnostik adalah kepercayaan yang paling banyak dianut dengan persentase 31,8% dari populasi China. Di posisi selanjutnya, ada agama tradisional China (30,8%), Buddha (16,6%), Kristen (7,4%), dan Islam dengan jumlah penganut 1,8%.

Etnis Uighur Terbesar

Populasi Xinjiang mencapai 26 juta orang dengan sekitar 58% warganya merupakan penganut Islam. Etnis terbesar yang menempati Xinjiang adalah Uighur, ditambah Kazakh, Hui, Kyrgyz, dan etnis muslim lainnya.

Untuk etnis Uighur sendiri, jumlahnya mencapai 12 juta orang. Dahulu, masyarakat China biasa menyebut Xinjiang dengan Xiyu, yang berarti wilayah Barat.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, wilayah ini dikenal dengan sebutan Xinjiang atau Perbatasan Baru. Hal ini terjadi usai Xiyu dianeksasi oleh Dinasti Manchu pada abad ke-18.

Provinsi ini berada di wilayah pegunungan yang relatif sepi dan terjal. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai penggembala dan petani.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini