get app
inews
Aa Read Next : Kapasitas 30.000 Unit per Tahun, Indonesia Basis Produksi Mobil Listrik GAC Aion di Asia Tenggara

Populasi Muslim Terbanyak di China Terdapat di Provinsi Xinjiang

Kamis, 01 Desember 2022 | 19:09 WIB
header img
Orang-orang berbaur di kota tua Kashgar, Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, China, 22 Maret 2017. (Foto : Reuters/Thomas Peter)

Di bidang kebudayaan, UNESCO mencatatkan muqam Uighur sebagai warisan budaya tak benda sejak tahun 2006.

Muqam adalah kesenian yang berisi berbagai unsur, seperti tarian, lagu, dan musik rakyat yang memiliki beragam irama. Sebagian besar lirik lagunya dibuat oleh seniman klasik Uighur. Lagu yang dibawakan berisi kehidupan masyarakat Uighur masa kini.

Muqam dipengaruhi oleh 19 negara dan daerah di garis perbatasan Asia, Afrika, dan Eropa. Masing-masing negara memiliki nama tersendiri untuk muqam.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa setidaknya ada 19 muqam di dunia ini, yang berasal dari berbagai negara berbeda. Jika berkunjung ke Xinjiang, wajib mengunjungi beberapa objek wisata yang cukup terkenal dan memanjakan mata di wilayah tersebut.

Contohnya adalah The Pearl of Tianshan Mountain, Gurun Gobi, dan Danau Sayram. Sebaiknya, wisatawan mengunjungi Xinjiang pada bulan Maret sampai Mei, di musim semi. Sebab, bunga-bunga indah banyak bermekaran di provinsi itu ketika masuk musim semi. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 01 Desember 2022 - 16:04 WIB oleh Ajeng Wirachmi, Litbang MPI dengan judul "Mengenal Xinjiang, Provinsi di China dengan Populasi Muslim Terbanyak".

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut