Logo Network
Network

Gadis 19 Tahun Keliling Dunia Terbangkan Pesawat Berbobot Ringan

syahrir rasyid
.
Minggu, 12 Desember 2021 | 19:19 WIB
Gadis 19 Tahun Keliling Dunia Terbangkan Pesawat Berbobot Ringan
Zara Rutherford melakukan terbang solo keliling dunia. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.Serpong.id - Zara Rutherford akan menjadi wanita termuda yang terbang solo keliling dunia. Gadis 19 tahun berkebangsaan Inggris-Belgia ini menerbangkan pesawat ultralight Shark, microlight (pesawat terbang berbobot ringan) tercepat di dunia. "Ini sangat menantang," katanya. 

Ia mendarat dengan di Seoul, Korea Selatan (Korsel), Sabtu (11/12/2021). Kota ini dijadikan pemberhentian pertama di Asia dalam upayanya menjadi wanita termuda yang terbang solo keliling dunia. Dia tiba di Seoul setelah lepas landas dari Vladivostok, Rusia. 

Zara menceritakan, penerbangan solonya dimulai pada Agustus tahun ini. Saat itu, dia berangkat dari Bandara Kortrijk-Wevelgem di Belgia Barat. Dalam perjalanan 51.000 km, dia akan melintasi lima benua dan 52 negara di antaranya Amerika Serikat, Greenland, Rusia, dan Kolombia. 

"Saya terjebak di Alaska karena masalah visa dan cuaca selama sebulan. Selanjutnya saya terjebak di Rusia selama sebulan juga karena masalah visa dan cuaca," katanya.

Dia berharap dapat menyelesaikan penerbanhan solonya sebelum Natal. Namun, dia pasimis hal itu terjadi.  "Meski demikian, ini adalah sebuah petualangan," katannya.  Zara akan tinggal di hotel sebelum keberangkatan ke Taiwan yang direcanakan pada Senin (13/12/2021). Dia berharap bisa menyelesaikan perjalanannya pada pertengahan Januari. Dengan peningkatan pembatasan perjalanan terkait virus corona, dia mengatakan terkadang tidak diizinkan untuk melihat tempat-tempat lokal di beberapa negara. "Saya melihat tempat-tempat ini dari udara dan itu hal yang paling luar biasa," katanya. 

Selain ingin masuk dalam buku rekor, remaja tersebut mengungkapkan harapan perjalanannya akan mendorong kaum wanita  untuk belajar dan bekerja di Stem (Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika). Selain itu juga dapat memicu minat kaum hawa dalam dunia penerbangan.

Kedua orang tua Zara merupakan pilot. Dia akan mulai kuliah tahun depan untuk meraih mimpinya menjadi astronot.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini