Misi Pecahkan Rekor Dunia, Pilot Muda Lepas Landas di Bandara Halim Perdanakusumah

Umaya Khusniah
.
Minggu, 26 Desember 2021 | 05:37 WIB
Pilot perempuan termuda Zara Rutherford (19) lepas landas di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Jumat lalu. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewSerpong.id - Zara Rutherford (19) terbang solo mengelilingi dunia untuk memecahkan Guiness World of Record. Pilot perempuan termuda itu lepas landas di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Jumat kemarin.

Saat meninggalkan Bandara Halim Perdanakusumah, cuaca di sekitar bandara terpantau cerah. Dia terbang menggunakan pesawat bermesin tunggal ultralight shark, microlight (pesawat terbang berbobot ringan) tercepat di dunia.

Penerbangan solo Zara Rutherford dimulai pada Agustus tahun ini. Saat itu, dia berangkat dari Bandara Kortrijk-Wevelgem di Belgia barat. Dalam perjalanan 51.000 km, dia akan melintasi lima benua dan 52 negara di antaranya Amerika Serikat, Greenland, Rusia dan Kolombia. 

Zara Rutherford merupakan remaja berkebangsaan Inggris-Belgia. Kedua orang tua Zara merupakan pilot.  Dia akan mulai kuliah tahun depan untuk meraih mimpinya menjadi astronot.

Selain ingin masuk dalam buku rekor, remaja tersebut mengungkapkan harapan perjalanannya akan mendorong kaum wanita  untuk belajar dan bekerja di Stem (Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika). Dan, dapat memicu minat kaum hawa dalam dunia penerbangan. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini