get app
inews
Aa Read Next : KISAH SUKSES : Lee Jae-yong Menjadi Orang Terkaya di Korea Selatan, Hartanya Tembus Rp168 Triliun

Pesawat Korea Selatan Jatuh Saat Kejar Drone Korea Utara

Selasa, 27 Desember 2022 | 08:29 WIB
header img
Polisi militer menutupi puing-puing pesawat serang ringan KA-1 Korea Selatan dengan lembaran plastik biru setelah jatuh di sawah di Hoengseong, Gangwon, Korea Selatan bagian timur laut, pada 26 Desember 2022. Foto/Yonhap

Kembali pada tahun 2017, satu pesawat tak berawak Korea Utara yang dicurigai, ditangkap setelah misi pengawasan. UAV yang dicurigai ditemukan jatuh di dekat perbatasan.

Pada saat itu, pejabat militer Seoul mengatakan drone itu mencoba mengambil gambar sistem pertahanan rudal Amerika Serikat THAAD yang dikerahkan di Korea Selatan.

Menurut laporan PBB tahun 2016, Korea Utara memiliki sekitar 300 drone dari berbagai jenis, termasuk UAV pengintaian, drone target, dan drone tempur.

Pada tahun 2017, Korea Institute for National Unification, think tank yang dikelola negara, mengklaim Pyongyang memiliki sekitar 1.000 drone yang mampu membawa senjata.

Insiden terbaru terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Pekan lalu, Seoul mengklaim Korea Utara telah meluncurkan dua rudal balistik ke laut, beberapa hari setelah pesawat tempur AS dan Korea Selatan melakukan latihan bersama.

Korea Utara telah berulang kali berargumen uji misilnya dilakukan sebagai tanggapan atas latihan tersebut, yang dilihat Pyongyang sebagai persiapan untuk serangan.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut