Logo Network
Network

Pesawat Korea Selatan Jatuh Saat Kejar Drone Korea Utara

Syarifudin
.
Selasa, 27 Desember 2022 | 08:29 WIB
Pesawat Korea Selatan Jatuh Saat Kejar Drone Korea Utara
Polisi militer menutupi puing-puing pesawat serang ringan KA-1 Korea Selatan dengan lembaran plastik biru setelah jatuh di sawah di Hoengseong, Gangwon, Korea Selatan bagian timur laut, pada 26 Desember 2022. Foto/Yonhap

SEOUL, iNewsSerpong.id - Satu pesawat ringan KA-1 Korea Selatan (Korsel) jatuh pada Senin (26/12/2022) saat bergegas mencegat drone Korea Utara (Korut) yang menyusup ke wilayah udara Korea Selatan.

Militer Korsel mengungkapkan hal itu, seperti dikutip kantor berita Yonhap. Kedua pilot dilaporkan selamat tanpa cedera.

Menurut seorang pejabat yang dikutip Yonhap, militer mendeteksi beberapa "benda tak dikenal", yang diduga merupakan kendaraan udara tak berawak (drone), di provinsi Gyeonggi-do yang berbatasan dengan Korea Utara.

Berbicara pada pengarahan, seorang pejabat Kepala Staf Gabungan mengatakan, “Militer Korea Selatan menanggapi jejak yang tidak diketahui yang dianggap sebagai pesawat tak berawak Korea Utara di daerah Gyeonggi pagi ini."

Dia mencela insiden itu sebagai "provokasi yang jelas."

“Drone melintasi Garis Demarkasi Militer antara kedua negara, terbang di atas wilayah Gimpo, Pulau Ganghwa dan Paju,” klaim militer Korsel.

Pejabat itu menggambarkan drone itu kecil, lebar sayapnya kurang dari dua meter. Militer Korsel menambahkan, “Salah satu dari lima drone itu terbang sejauh Seoul utara.”

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini