get app
inews
Aa Read Next : Kejuaraan Beregu Asia 2023: Lawan Thailand, Indonesia Incar Juara Grup 

Piala AFF 2022: Polking Akui Timnas Thailand Sempat Goyah Hadapi Skuad Garuda

Jum'at, 30 Desember 2022 | 14:53 WIB
header img
Pelatih Thailand Alexandre Polking. (Foto: AFF)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Pelatih Thailand Alexandre Polking mengakui timnya sempat goyah saat menghadapi Timnas Indonesia di laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore. Apalagi setelah kebobolan lebih dulu dan seorang pemainnya terpaksa meninggalkan lapangan sebelum pertandingan berakhir karena mendapat kartu merah?

Di laga itu, The War Elephants—julukan Timnas Thailand—tertinggal lebih dahulu, setelah Indonesia mendapatkan hadiah penalti usai tendangan Asnawi Mangkualam mengenai lengan Theerathon Bunmathan pada menit menit 49. Marc Klok yang maju sebagai algojo sukses membawa Skuad Garuda memimpin pada menit ke-50. 

Usaha Thailand menyamakan skor menjadi lebih berat, setelah Sanrawat Dechmitr mendapatkan kartu merah menit ke-62 akibat menekel Saddil Ramdhani. Meski hanya bermain dengan 10 pemain, Thailand berhasil menyamakan skor melalui sepakan keras Sarach Yooyen pada menit 79. 

Selepas pertandingan, Polking mengakui gol cepat Indonesia di babak kedua membuat jalannya pertandingan berubah sekaligus membuat Thailand sedikit goyah. Ditambah lagi kartu merah yang didapat anak asuhnya memperburuk suasana. 

"Mereka cetak gol dengan cepat (di babak kedua), itu membuat pertandingan berubah dengan gol tersebut," kata Polking dalam konferensi pers, Kamis (29/12/2022). "Gol yang mereka ciptakan itu penting dan membuat kami sedikit goyah, terlebih lagi dengan adanya kartu merah, itu sepenuhnya mengubah pertandingan.” 

Pelatih 46 tahun itu menyayangkan kartu merah yang didapat Dechmitr. Namun, Polking bersyukur Thailand menujukkan performa bagus meski kalah jumlah pemain. "Kartu merah itu seharusnya tidak terjadi. Tapi saya rasa performa para pemain secara keseluruhan bagus untuk perkembangan mereka terutama dengan situasi yang terjadi pada babak kedua itu," ucapnya. 

Terlepas dari hal tersebut, hasil imbang ini masih menempatkan Thailand dan Indonesia di peringkat pertama dan kedua dengan poin sama 7. Timnas Indonesia masih kalah selisih 1 gol dari Thailand di puncak klasemen. 

Dengan hasil ini kepastian lolos tidaknya kedua tim ke semifinal masih harus ditentukan hingga laga terakhir.  Skuad Garuda akan bertandang ke markas Filipina, Selasa (2/12/2023). Thailand akan menjalani laga hidup mati melawan Kamboja yang secara hitung-hitungan masih berpeluang lolos ke semifinal. (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut