get app
inews
Aa Read Next : KH Nasaruddin Umar, Tokoh Asal Bone Jabat Menteri Agama

HIKMAH JUMAT : Apa Tipe Rumah (Tangga) Anda?

Jum'at, 13 Januari 2023 | 06:01 WIB
header img
Rumah menjadi saksi terhadap suka dan duka perjalanan hidup suatu keluarga. (Foto : Ist)

Tipe Sekolah

Sekolah adalah tempat di mana sikap saling asah, asih, dan asuh tumbuh dan berkembang dengan baik. Sekolah menjadi pusat transfer ilmu pengetahuan, kegiatan diskusi, tempat menambah wawasan dan juga pengetahuan.

Rumah tangga tipe sekolah adalah rumah tangga di mana suami atau istri bisa saling berbagi ilmu, saling mengisi, dan saling memahami. Rumah tangga sejatinya adalah belajar, karena tidak ada orang yang pandai dalam berumah tangga.

Tak ada jaminan bahwa rumah tangga yang sudah puluhan tahun dipastikan tidak akan mengalami kegagalan. Tanpa adanya rasa saling asah, asih, dan asuh, perpisahan tetap menjadi ancaman.  

Tipe Masjid

Salah satu aktivitas utama yang dilakukan di masjid adalah shalat berjamaah. Shalat selalu diawali dengan niat, rukuk dan sujud secara bersama-sama, dan diakhiri dengan mengucapkan salam. Sebagaimana kita ketahui, shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian.

Rumah tangga adalah bersatunya dua insan dalam bingkai ibadah kepada Allah SWT. Oleh karenanya, rumah tangga tipe masjid akan dibangun di atas niat yang tulus untuk meraih ridha Allah SWT. Melangkah bersama dan saling setia, tanpa ada satu pun yang mengkhianati.

Keluarga tipe masjid, akan senantiasa menebarkan kedamaian, ketenangan, dan kebahagiaan tidak hanya bagi seluruh anggota keluarganya, namun juga untuk lingkungannya.

Rumah tangga tipe sekolah atau tipe masjid atau gabungan keduanya adalah tipe ideal yang akan mengantarkan penghuninya tidak hanya bersama di dunia, namun juga di surga-Nya kelak. Sebagaimana firman Allah SWT:

“Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang beriman pula, kami pertemukan mereka dengan anak cucunya (dalam surga), tanpa dikurangi sedikit pun pahala amal kebaikannya, setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. At-Tur [52]: 21). (*)


Rumah tangga tipe masjid, melangkah bersama dan saling setia, tanpa ada satu pun yang mengkhianati. (Foto : Ist)

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut