Perusahaan Leasing Sering Diadukan Masalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor yang Ditahan

Advenia Elisabeth
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 07:03 WIB
YLKI masih banyak menerima keluhan konsumen soal perusahaan leasing. (Foto : Ist)  

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Permasalahan leasing menjadi keluhan konsumen yang masih banyak diterima Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sepanjang 2022.

Keluhan itu terkait klaim buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) yang belum diserahkan.

"Permasalahan leasing juga banyak dikeluhkan kepada kami. Yang menjadi sorotan itu klaim BPKB belum diserahkan," ujar Rio Priambodo, Ketua Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI, akhir pekan lalu.

Pembayaran Administrasi

Menurut Rio, pihaknya kemudian melakukan penelurusan terhadap pengaduan ini.

Hasilnya, banyak konsumen yang masih belum membayar denda serta ada bunga yang belum dibayarkan meskipun sebelumnya sudah melakukan pembayaran administrasi, sehingga pihak leasing tidak memberikan BPKB.

"Konsumen mengeluhkan karena sudah lunas tapi tidak bisa mendapatkan BPKB. Nah setelah kami melakukan investigasi lebih lanjut, ternyata masih ada tunggakan ataupun bunga yang belum dibayarkan juga," tuturnya.

Di sisi lain, Rio menyebut take over kendaraan juga masih banyak dikeluhkan kepada YLKI, baik dari konsumen itu sendiri maupun dari pelaku usahanya.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini