Logo Network
Network

Enam Emiten Pendatang Baru LQ45, Ada SRTG hingga AKRA

Viola Triamanda/MPI
.
Kamis, 26 Januari 2023 | 11:07 WIB
Enam Emiten Pendatang Baru LQ45, Ada SRTG hingga AKRA
Enam Emiten Jadi Penghuni Baru LQ45, Ada ACES hingga SIDO. Foto: MNC Media.

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi mengumumkan enam emiten pendatang baru di dalam daftar konstituen LQ45. Adapun keenam emiten tersebut yakni PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), dan PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA).

"Selain itu tiga emiten lainnya yang masuk ke dalam daftar konstituen LQ45 adalah PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), dan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG)," tulis BEI dalam pernyataan tertulis, Kamis (26/01/2023).

Sealin itu BEI juga mengumumkan emiten yang harus meninggalkan daftar konstituen LQ45. 

Emiten tersebut adalah PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MNCN), dan Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA). 

Selanjutnya, daftar dan jumlah saham yang digunakan dalam penghitungan indeks pada indeks-indeks tersebut akan efektif berlaku pada tanggal 1 Februari 2023. 

Indeks LQ45 adalah indeks berisi 45 emiten yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas tertinggi dan kapitalisasi pasar terbesar dengan kriteria-kriteria lain yang sudah ditentukan. 

Biasanya BEI akan melakukan peninjauan dan penggantian saham indeks tersebut setiap enam bulan sekali setiap Februari dan Agustus.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.