get app
inews
Aa Read Next : Investor Kurang Minati Proyek Rusun ASN Melalui Skema KPBU

Simak Tiga Tips Investasi Cerdas Ala Bos Bursa, Penting Nih!

Kamis, 13 April 2023 | 10:10 WIB
header img
Bos Bursa Bagikan Tiga Tips Investasi Cerdas, Yuk Dicoba (Foto: MNC Media)

 

 

 

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rahman membagikan tiga tips cerdas kepada investor agar bisa meraih cuan di pasar modal.  

Pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia kian pesat hingga mencapai 10,76 juta. Pertumbuhan tersebut membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) semakin getol meningkatkan literasi keuangan dan investasi di pasar modal.

Direktur Utama BEI Iman Rachman membagikan tips berinvestasi aman bagi para investor yakni dengan 3P atau Paham, Punya, dan Pantau. 

 

Pertama, investor harus memahami bahwa dalam berinvestasi harus menggunakan dana lebih. Selain itu, para investor juga diimbau untuk memahami kesesuaian profil produk investasi, serta paham tujuan berinvestasi. 

“Kita perlu mencari informasi sebanyak mungkin agar paham sebelum mengambil keputusan investasi,” kata Iman dalam Special Dialogue IDX Channel, Rabu (12/4/2023).

Kedua, investor disarankan untuk mempunyai mitra investasi yang benar, baik sekuritas maupun manajer investasi. Sebagaimana diketahui, saat ini membuka rekening investasi sudah sangat mudah, namun perlu diingat bahwa punya akses dan kerahasiaan rekening investasi merupakan sebuah kewajiban.

“Perlu diingat, jangan berinvestasi hanya pada satu produk saja. Ini bertujuan agar portofolio investasi dapat terjaga kestabilan pertumbuhannya,”.

Terakhir adalah pantau, di mana portofolio investasi harus dipantau secara berkala, baik dari sisi pergerakan harganya di bursa, maupun di sisi kinerja perusahaannya. Iman pun menekankan bahwa investasi merupakan kegiatan dengan orientasi jangka panjang, maka diperlukan kehati-hatian.

 “Update berita dan informasi akan sangat berguna untuk memperkaya analisis dalam mengambil keputusan investasi, juga untuk mempertahankan kinerja portofolio investasi,” ujar Iman.

Iman juga merekomendasikan investor untuk mencari informasi seputar aksi korporasi, kinerja perusahaan tercatat, pergerakan indeks hingga berita-berita terkait pasar modal melalui laman resmi BEI. Iman juga merekomendasikan sekolah pasar modal agar para investor mendapatkan bekal berinvestasi dengan benar di pasar modal.(*) 

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut