get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Dahsyatnya Waktu Subuh

Peristiwa Penting di Hari Jumat, Nomor 4 Muslim Patut Mengetahui

Jum'at, 27 Januari 2023 | 10:27 WIB
header img
Hari Jumat adalah penghulunya hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala. (Foto: Freepik)

SERPONG, iNewsSerpong.id - Hari Jumat adalah penghulunya hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pun sangat memuliakan Hari Jumat, menghormatinya, dan mengkhususkannya untuk beribadah dibandingkan hari-hari lainnya.

Ada sejumlah peristiwa penting terjadi pada Hari Jumat, salah satunya
Nabi Adam Alaihissalam diciptakan, diturunkan ke dunia, dan wafat pada Hari Jumat. Hari Kiamat pun tak akan terjadi kecuali hari Jumat

Lantas peristawa penting apalagi yang terjadi pada Hari Jumat. Berikut beberapa di antaranya.

1.Hari Kesaksian
Didalam Alquran sedikitnya ada tiga hari yang sangat penting yaitu hari kiamat, hari yang disaksikan yaitu hari arafah, dan hari persaksian yaitu hari Jumat.

Seperti yang diriwayatkan oleh Imam At tirmidzi, Rasullullah SAW bersabda: “Hari yang dipastikan datangnya adalah hari kiamat, hari yang disaksikan adalah hari Arafah dan (hari) yang menjadi saksi adalah hari Jumat. Tiadalah matahari terbit dan untuk suatu hari yang lebih utama dari pada hari Jumat. Pada hari tersebut ada suatu waktu dimana seorang hamba yang beriman kepada Allah dengan kebaikan, kecuali Allah akan mengabulkan untuknya, dan memohon perlindungan dari suatu (kepada-Nya) kecuali Allah melindunginya dari sesuatu tersebut.” (HR. Sahih Tirmidzi)

2. Hari terjadinya kiamat
Kiamat adalah ranah Allah SWT, kapan akan terjadi dan seperti apa itu adalah aturan dan hak Allah AWT. Sebagaimana firman-Nya: “Manusia bertanya tentang hari berbangkit, katakanlah: sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya disisi Allah. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al ahzab:63)

Ayat ini dengan jelas menerangkan kapan terjadinya kiamat hanya Allah yang tahu, akan tetapi Allah juga yang memberi tahu bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jumat melalui Rosulnya.

Rasullullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi, kecuali hari Jumat” (HR. Imam Ahmad, Muslim dan At Thirmidzi)

3. Hari dikabulkannya doa
Di antara rahasia keutamaan hari Jumat lain adalah di hari itu terdapat waktu-waktu dikabulkannya doa.

“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” [HR.Bukhari dan Muslim]

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” [Muttafaqun Alaih]

4.Hari penyempurna ajaran Islam
Hari Jumat adalah hari penyempurna ajaran Islam yaitu dengan turunnya Surat Al Maidah ayat 3 dan sebagai ayat terakhir yang diturunkan sebelum Rasullullah SAW wafat.

Allah SWT berfirman: “Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al Maidah :3).

5.Hari Pembeda antara Islam dan Non-Muslim
Hari Jumat adalah hari istimewa bagi kaum Muslim. Selain itu diberikan Nabi untuk membedakan antara harinya orang Yahudi dan orang Nashrani.

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda: “Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” [HR. Muslim]

6.Hari Diperintahkannya Sholat Jumat
Rasulullah bersabda, “Hendaklah kaum-kaum itu berhenti dari meninggalkan salat Jumat. Atau (jika tidak) Allah pasti akan mengunci hari mereka, kemudian mereka pasti menjadi orang-orang yang lalai.” [Muslim].

Dalam riwayat lain Rasulullah menyebutkan, “Sholat Jumat adalah hak yang diwajibkan kepada setiap Muslim kecuali empat orang; budak atau wanita, atau anak kecil, atau orang sakit.” [Abu Daud]

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” [QS: Al-Jumu’ah:9]

“Barangsiapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya kemudian dia mendatangi salat Jumat, dia mendengarkan khutbah dan diam, maka akan diampuni dosa-dosanya antara Jum’at ini dengan Jum’at yang akan datang, ditambah tiga hari. Dan barangsiapa yang bermain kerikil, sungguh ia telah berbuat sia-sia.” (HR. Muslim)

7. Pada hari Jumat seluruh mahluk diciptakan, langit, bumi, neraka dan surga menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa “dan pada hari itulah semua mahluk menjadi sempurna yaitu hari ke enam dimana Allah menciptakan langit dan bumi didalamnya. Hari ke enam adalah hari Jumat, karena kalender islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

Rasullullah SAW bersabda: “dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhanya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, dihari itu juga Allah menyelesaikan ciptaanya, dan dihari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka.” (HR. Abu Syaikh)

8. Hari diciptakanya Nabi Adam
Nabi Adam adalah manusia pertama yang Allah ciptakan di bumi. Sebagai mana Rasullullah SAW bersabda : “Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan nabi Adam, hari masuk dan keluar surga nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat.” (HR. Muslim)

Dalam hadis tersebut ada lima hal penting yaitu tentang penciptaan nabi Adam as, hari utama atau hari terbaik terbitnya matahari, hari kiamat akan terjadi pada hari Jumat, Adam as masuk surga pada hari Jumat, dan Allah mengeluarkan Adam dari surga juga pada hari Jumat.

“Pada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam as) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga.” (HR. Imam At thabrani).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut