get app
inews
Aa Read Next : Lebih Bermakna, 40 Ucapan Sambut Malam Lailatul Qadar

HIKMAH JUMAT : Menjemput Pahala di Hari Jumat

Jum'at, 04 November 2022 | 04:30 WIB
header img
Hari Jumat adalah hari raya bagi umat Islam. (Foto : Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

HARI Jumat adalah hari raya bagi umat Islam. Hari dimana umat Islam berkumpul, bersilaturrahmi, dan berbagi di hari yang sangat mulia, sehingga hari Jumat disebut juga dengan sayyidul ayyam (tuannya hari).

Sebagai hari raya, maka Baginda Rasulullah SAW melarang umat Islam untuk berpuasa tanpa alasan di hari Jumat. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Baginda Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah mengkhususkan malam Jumat dengan shalat tertentu dan janganlah mengkhususkan hari Jumat dengan berpuasa kecuali jika berpapasan dengan puasa yang mesti dikerjakan ketika itu.”

Menurut Imam An-Nawawi, larangan berpuasa di hari Jumat pada hadits di atas maksudnya adalah makruh. Dengan demikian maka makruh berpuasa di hari Jumat kecuali jika ada puasa sebelum atau sesudahnya, atau ada nazar yang menyebabkan kita harus berpuasa di hari Jumat.

Perbedaan utama hari Jumat dengan hari-hari lainnya adalah Allah SWT mewajibkan ummat Islam laki-laki yang sudah akil baligh untuk melaksanakan shalat Jumat dua rakaat yang sebelumnya didahului dengan dua khutbah.

Allah SWT berfirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al Jumuah [62]: 9).  

Selanjutnya, hari Jumat adalah hari dimana Allah SWT menebar begitu banyak pahala bagi siapa saja yang mau dan berusaha untuk mendapatkannya. Begitu banyak kesempatan yang Allah SWT berikan kepada kita untuk dapat menjemput pahala di hari Jumat.

Berikut adalah beberapa amalan yang sunnah untuk dilakukan di hari Jumat, dimulai sejak terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari Jumat.

Membaca surat As Sajdah dan Al Insan pada Shalat Subuh di hari Jumat

Dalam sebuah hadits, Abu Hurairah R.A. menceritakan bahwa: “Nabi SAW biasa membaca pada shalat subuh di hari Jumat “Alam Tanzil ...” (surat As Sajdah) pada rakaat pertama, dan “Hal ataa ‘alal insaani hinum minad dahri lam yakun syaiam madzkuraa” (surat Al Insan) pada rakaat kedua.” (HR. Muslim).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut