get app
inews
Aa Text
Read Next : Indonesia Tidak Termasuk! China Tambah 9 Negara Bebas Visa Total 27

Bisnis Mixue Berkembang Pesat di Mana-mana, Inilah Strategi Jitu yang Diterapkan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 19:41 WIB
header img
Strategi bisnis Mixue juga cespleng diterapkan di Indonesia. (Foto : MPI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Apa rahasia strategi bisnis Mixue sehingga bisa berkembang pesat di mana-mana dalam waktu yang sangat singkat. Dikawasan Jabodetabek hampir setiap pertokoan terdapat gerai Mixue.

Mixue merupakan sebuah perusahaan berasal dari Zhengzhou, China, yang menjual berbagai produk es krim dan tea atau bubble tea (boba), telah memukau dunia dengan ekspansinya yang cepat ke seluruh dunia. 

Tidak hanya ekspansi toko yang masif di Indonesia, tetapi juga berhasil membuka toko di berbagai negara. Sampai sekarang ini, Mixue Ice Cream & Tea telah memiliki lebih dari 20.000 gerai di China dan lebih dari 500 gerai internasional, termasuk di Indonesia. 

Perusahaan yang dirintis oleh Zhang Hongchao pada tahun 1997 ini mulai memperluas jangkauannya ke Asia Tenggara pada 2018.

Berikut strategi bisnis Mixue bisa berkembang pesat di mana-mana, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (28/1/2023).

1. Strategi Model Bisnis Waralaba (Franchise)

Pendiri Mixue, Zhang Hongchao memutuskan untuk membuka hak waralaba pada tahun 2007. Tahun itu, lusinan toko dibuka dengan cepat di Provinsi Henan, tempat kantor pusat berada. 

Pada tahun 2008, Mixue berkembang menjadi sebuah perusahaan dengan jumlah toko waralaba melebihi 180. Pada 2010, Mixue memilih untuk bekerja sama dengan Zhengzhou Baodao Trading Co., Ltd. untuk mengembangkan waralaba di seluruh negeri. 

Keputusan tersebut ternyata efektif dalam meningkatkan visibilitas dan pengaruh perusahaannya. Waralabanya pun semakin berkembang. Mengutip dari berbagai sumber, franchise Mixue berkisar pada Rp700 juta hingga Rp900 juta. 

Harga tersebut mencakup biaya investasi dari awal pembukaan hingga kerja sama berlangsung selama kedua pihak menyetujuinya.

2. Tawarkan Pinjaman Tanpa Bunga untuk Pewaralaba

Guna menyukseskan model bisnis waralabanya, Mixue memberikan puluhan juta pinjaman tanpa bunga kepada pewaralaba setiap tahun untuk menyelesaikan masalah keuangan mereka saat membuka toko baru.

Hal ini cukup efektif untuk menarik pewaralaba yang skala ekspansifnya sangat cepat.

3. Harga Terjangkau

Di Indonesia, produk Mixue dijual dengan harga berkisar dari Rp8.000 hingga Rp22.000. Inilah salah satu alasan mengapa Mixue bisa berkembang karena produknya yang terjangkau oleh konsumen Indonesia.

4. Punya Rantai Pasok dan Logistik Sendiri

Pada 2014, perusahaan Mixue mendirikan pusat logistik di Kota Jiaozuo, Provinsi Henan untuk memasok bahan baku ke seluruh waralaba yang ada di China dengan ongkos logistik gratis. 

Dengan pusat pergudangan dan logistiknya sendiri, siklus transit Mixue lebih singkat, biaya inventaris, serta biaya penyimpanan pun berkurang.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Inilah Strategi Bisnis Mixue Bisa Berkembang Pesat di Mana-mana ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/inilah-strategi-bisnis-mixue-bisa-berkembang-pesat-di-mana-mana/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut