get app
inews
Aa Read Next : 15 Ayat Alquran tentang Sabar Beserta Artinya, Keutamaan dan Hikmahnya

10 Ayat Alquran tentang Motivasi Hidup Beserta Artinya, Lengkap dengan Maknanya

Kamis, 02 Februari 2023 | 19:04 WIB
header img
Muslim harus memiliki motivasi hidup yang lebih baik sebagaimana banyak disebutkand alam banyak ayat Alquran. (Foto: Freepik)

8. Surat At Taubah Ayat 129

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Artinya: Jika mereka berpaling (dari keimanan), katakanlah (Nabi Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan pemilik ‘Arasy (singgasana) yang agung.” (QS. At Taubah: 129)

Makna ayat tersebut yakni ketika ditimpa ujian hidup, Muslim harus bertawakkal dan memasrahkan diri kepada Allah. Sebab, hanya Allah sebaik-baik penolong.

9. Surat Yusuf Ayat 87 tentang Larangan Berputus Asa

يٰبَنِىَّ اذۡهَبُوۡا فَتَحَسَّسُوۡا مِنۡ يُّوۡسُفَ وَاَخِيۡهِ وَلَا تَايۡــَٔسُوۡا مِنۡ رَّوۡحِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّهٗ لَا يَايۡــَٔسُ مِنۡ رَّوۡحِ اللّٰهِ اِلَّا الۡقَوۡمُ الۡكٰفِرُوۡنَ "

Artinya: Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir." (QS. Yusuf: 87).

Makna ayat tersebut yakni larangan untuk berputus atas dalam menjalani hidup. Seorang Muslim harus memiliki sifat optimistis dan terus memotivai diri agar menjadi lebih baik.

10. Surat Al-An'am Ayat 165

وَهُوَ الَّذِيْ جَعَلَكُمْ خَلٰۤىِٕفَ الْاَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجٰتٍ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْۗ اِنَّ رَبَّكَ سَرِيْعُ الْعِقَابِۖ وَاِنَّهٗ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikanNya kepadamu. Sesungguhnya Rabbmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al An'am:165).

Makna ayat tersebut adalah setiap manusia pasti akan mendapat ujian hidup. Hal itu tidak lain untuk menguji kualitas keimanan seseorang. Jika lulus dalam menghadapi ujian derajatnya akan ditinggikan.

Itulah ayat Alquran tentang Motivasi hidup dan maknanya yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wallahu A'lam (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut