get app
inews
Aa Read Next : Sandiaga Uno Apresiasi Peresmian Pusat Lembaga  Pelatihan Laundryversity

Kekayaan Sandiaga Uno Hampir Rp10 Triliun, Usaha Investasi, Batu Bara hingga Telekomunikasi

Sabtu, 04 Februari 2023 | 16:07 WIB
header img
Sandiaga Uno (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Dalam dua tahun terakhir ini kekayaan Sandiaga Uno terus meningkat. Sumber isi pundi-pundi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berasal dari berbagai sektor usaha, mulai dari batu bara hingga telekomunikasi. 

Tercatat Pada 2021, kekayaan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu bertambah sekitar Rp2 triliun hingga Rp3 triliun, dan menjadi Rp8,4 triliun, berdasarkan kenaikan nilai saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG).

Ini adalah 6 perusahaan yang dimiliki Sandiaga Uno,  berdasarkan  berbagai sumber :

1. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG)

Salah satu perusahaan yang menjadi penyumbang terbesar kekayaan  Sandiaga Uno, dan sudah menjadi rahasia publik. Sandiaga menguasai saham Saratoga Investama sekitar 27,7% saham.

Saratoga Investama Sedaya membukukan pertumbuhan investasi sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional.

Hingga semester I 2022, emiten Me itu meraih pendapatan dividen sebesar Rp1,4 triliun, alias naik 58% dibandingkan Rp866 miliar pada semester I 2021.

2. PT Adaro Energy Tbk

Melalui Saratoga Investama, Sandiaga Uno juga mempunyai hak milik atas Adaro Energy di tahun 2001. Bisnis ini merupakan perusahaan tambang batu bara paling besar di Indonesia.

Perusahaan ini didirikan oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Spanyol pada 1982. Namun atas dasar konsorsium perusahaan Australia serta Indonesia perusahaan ini pun dapat dibeli sahamnya sebesar 80%.

3. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk

Saham Mitra Pinasthika Mustika (MPM) juga dimilik Sandiaga Uno. Perusahaan tersebut idirikan oleh William Soeryadjaya pada 1987 yang memfokuskan sektor otomotif.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut