get app
inews
Aa Read Next : Biar Rezeki Makin Lancar, Bacalah Doa ini Setelah Shalat Subuh

Datangkan Rezeki Secepat Kilat, Inilah Amalan yang Dilaksanakan

Jum'at, 10 Februari 2023 | 09:48 WIB
header img
Amalan yang bisa mendatangkan rezeki secepat kilat (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Inilah amalan-amalan yang bisa mendatangkan rezeki secepat kilat. Dalam Al-Qur'an surah Hud ayat 6, Allah SWT berfirman bahwa Dialah yang menjamin akan memberikan rezeki kepada seluruh makhluk-Nya di dunia. 

Surat Hud Ayat 6

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Arab-Latin: Wa mā min dābbatin fil-arḍi illā 'alallāhi rizquhā wa ya'lamu mustaqarrahā wa mustauda'ahā, kullun fī kitābim mubīn

Artinya: Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Meski, rezeki telah dijamin oleh Allah, tidak semua rezeki semata-mata datang kepada manusia tanpa ikhtiar atau usaha dari manusia itu sendiri. 

Ada rezeki yang harus diperjuangkan, ada juga rezeki yang datangnya tidak disangka-sangka oleh manusia. Rezeki juga bukan melulu soal harta dan kekayaan, tapi segala sesuatu yang manusia dapatkan di dunia dan akhirat kelak.

Beberapa amalan mendatangkan rezeki secepat kilat yang dirangkum dari beberapa sumber, Kamis (9/2/2023).

1. Bertaubat dan memperbanyak istighfar

Memperbanyak taubat dan istighfar merupakan amalan mendatangkan rezeki secepat kilat. Apabila rutin melakukan amalan ini, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau. Sebab Allah SWT sesungguhnya Maha Pengampun.

Allah SWT berfirman dalam surah Nuh ayat 10-12, 

"Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula untukmu sungai-sungai."

2. Senantiasa bertawakal dan meningkatkan takwa

Sebagai umat Islam, seseorang harus senantiasa bertakwa kepada Allah SWT. Selain itu, agama Islam mengajarkan umatnya untuk terus berikhtiar dan tawakal kepada Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an surah At-Talaq ayat 2-3, Allah SWT berfirman, "Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah SWT, niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar dari kesulitan dan memberikan rezeki kepadanya dari jalan yang tidak pernah diduga. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah SWT, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah swt. melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah SWT telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."

3. Berbakti kepada orang tua

Berbakti kepada orang tua ada beragam caranya, mulai dari sesederhana mendengarkan dan menuruti kehendak orang tua.

Dalam hadis riwayat Ahmad dan Abu Ya'la, Rasulullah SAW bersabda," Barangsiapa yang berbakti kepada orang tuanya, dia akan memperoleh keberuntungan yang besar dan Allah akan menambah umurnya."

4. Selalu bersyukur 

Amalan mendatangkan rezeki secepat kilat selanjutnya adalah bersyukur. Terdengar sederhana, tapi masih banyak orang yang sulit menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Setiap umat Islam harus senantiasa bersyukur atas setiap rezeki dalam hidupnya.

Dalam surah Ibrahim ayat 7, Allah SWT berfirman, "Dan ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka Aku pasti tambah (kenikmatan) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut