Lantaran tidak mengakui, menurut Tiko, China meminta agar nilai cost overrun KCJB lebih kecil dari perhitungan PSBI.
"China sebenarnya minta angka ini (cost overrun) turun. Mereka nggak akui biaya PLN, pajak, dan Telkom. Kita berdebat juga di situ, mereka maunya lebih rendah," ungkapnya beberapa waktu lalu.
China Railway International Co. Ltd, menilai biaya untuk menambal cost overrun merupakan tanggung jawab pemerintah Indonesia. Hanya saja, PSBI melalui Kementerian BUMN menegosiasi agar China ikut bertanggung jawab atas pembengkakan dana mega proyek tersebut.
"Mereka merasa biaya itu merupakan kewajiban bagian pemerintah Indonesia, tapi kami negosiasi supaya itu bisa dibayar," paparnya. (*)
pembengkakan biaya Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sempat ditolak China. (Foto : Ist)
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 13 Februari 2023 - 17:06 WIB oleh Suparjo Ramalan dengan judul "Sempat Ditolak China, Pembengkakan Biaya Kereta Cepat Disepakati Rp18,2 Triliun".
Editor : Syahrir Rasyid