get app
inews
Aa Read Next : Tenang! Lulusan SMK Bisa Masuk Universitas

Link dan Ketentuan Pilih Prodi, Pendaftaran SNBP 2023 Dibuka

Selasa, 14 Februari 2023 | 17:22 WIB
header img
Pendaftaran SNBP 2023 dibuka hari ini, Selasa (14/2/2023). Pendaftaran dilakukan di portal SNPMB. Foto/Dok/SINDOnews.

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pendaftaran SNBP 2023 akhirnya dibuka hari ini, Selasa (14/2/2023). Pendaftaran dilakukan di portal SNPMB dengan ketentuan memilih program studi yang telah ditentukan.

Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Peserta SNBP
adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP.

Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%. Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), hari ini Selasa 14 Februari hingga 28 Februari 2023 mendatang adalah waktunya pendaftaran SNBP 2023.

Link Pendaftaran

Pendaftaran ini dilakukan oleh siswa yang datanya telah masuk di dalam PDSS. Pendaftaran SNBP 2023 dilakukan secara online di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Pendaftaran dibuka pada pukul 15.00 WIB.

Ketentuan Memilih Program Studi

Telah dijelaskan sebelumnya jika calon mahasiswa kali ini bisa lintas jurusan. Siswa IPA bisa memilih prodi sosial humaniora. Sedangkan siswa IPS dan Bahasa pun bisa memiliuh jurusan sains teknologi.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut