get app
inews
Aa Read Next : Terbesar ke-7 di Dunia, Investor Kripto Indonesia Capai 19,75 Juta

Covid-19 usai, OJK Kaji Pengembalian Jam Perdagangan Bursa

Selasa, 28 Februari 2023 | 14:41 WIB
header img
Jam Perdagangan Bursa Bakal Kembali Normal usai pandemi Covid-19. Foto: MNC Media

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mirza Adityaswara mengatakan, OJK sedang mengkali mengembalikan jam perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali normal sebelum pandemi Covid-19.

Mirza Adityaswara mengaku telah berkoordinasi dengan SRO untuk melakukan normalisasi kebijakan-kebijakan seusai dengan POJK terkait.  “Tentunya dengan tetap memperhatikan asesmen kondisi di pasar dan keterkaitan dengan kebijakan di sektor lain,” kata Mirza, Selasa (28/2/2023).

Selain itu, OJK juga akan memperkuat pengaturan dan pengawasan konglomerasi usaha yang menghimpun dana di pasar modal. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan penerapan prinsip tata kelola dan keterbukaan.

 “Sehingga integritas pasar modal Indonesia tetap terjaga, bahkan dapat ditingkatkan ke depannya,” ujar Mirza.

Sebelumnya, OJK meminta Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melakukan survei terkait normalisasi jam perdagangan bursa. Dari survei tersebut, kebanyakan anggota bursa (AB) menghendaki jam perdagangan untuk tidak kembali normal.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Inarno Djajadi mengatakan, meskipun jam perdagangan saat pandemi ditutup lebih cepat, namun tidak berdampak signifikan terhadap rata-rata nilai transaksi harian bursa (RNTH). Justru, kebijakan yang tengah berlaku saat ini meningkatkan jumlah RNTH bursa.

Sebagaimana diketahui, jam perdagangan bursa sejak pandemi mengalami perubahan yakni, waktu transaksi di pasar reguler pada sesi I pada pukul 09:00 WIB hingga 11:30 WIB. Sementara untuk sesi II pada pukul 13:30 WIB hingga pukul 14:49 WIB.

Kemudian, sesi pra-pembukaan berlangsung pada pukul 08:45 WIB sampai 08:59 WIB, sedangkan sesi pra-penutupan berlangsung pada pukul 14:50 WIB hingga 15:00 WIB. Adapun, masa random closing berlangsung pada 14:58 WIB hingga 15:00 WIB, serta pasca-penutupan pada pukul 15:01 WIB hingga 15:15 WIB. 

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut