get app
inews
Aa Read Next : Malam Lailatul Qadar dengan 6 Amalan Sesuai Sunnah

10 Hadis Pilihan Seputar Ramadhan, Bagaimana Jika Nomor 9 Terjadi kepada Anda? 

Kamis, 09 Maret 2023 | 13:19 WIB
header img
Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba dan disambut gembira umat Islam di seluruh dunia, berbagai negara. Foto: Freepik

SERPONG, iNewsSerpong.id - Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba dan disambut gembira umat Islam di seluruh dunia, berbagai negara. Nah untuk itu iNews Serpong akan menyajikan hadis-hadis bulan Ramadhan.

Hadis-hadis bulan Ramadhan ini kami sajikan dari buku"Hadist-Hadist Pilihan Seputar Puasa"karya Syaikh Abdullah bin Shalih al-Fauzan yang diterjemahkan oleh Yusuf Abu Ubaidah as-Sidawi.

Ada 38 hadis pilihan yang kami akan turunkan secara bersambung. Semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan terbaik dilaksanakan segala amalan salih. 
 
1. Kewajiban Puasa Ramadhan

Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
Sallam bersabda: “Islam itu dibangun di atas lima perkara: Persaksian bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah,mendirikan shalat, membayar zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari: 8 dan Muslim: 16)

2.Hakikat Puasa

Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah bersabda: “Seluruh amalan bani Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan semisalnya hingga tujuh ratus kali lipat. Alloh berfirman: “Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untukku, dan aku yang akan membalasnya”. (HR. Bukhari 1894
dan Muslim: 1151

3.Keutamaan Ramadhan

Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah bersabda: “Seluruh amalan bani Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan semisalnya hingga tujuh ratus kali lipat. Alloh berfirman: “Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untukku, dan aku yang akan membalasnya”. Dan bagi orang yang puasa ada dua kegembiraan, kegembiraan saat berbuka puasa dan kegembiraan saat bertemu dengan Rabbnya. Dan bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada minyak kesturi”. (HR. Bukhari 1894 dan Muslim: 1151).

4.Keistimewaan Ramadhan

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Apabila Ramadhan telah tiba, maka dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu para Syetan. (HR. Bukhari dan 1899 Muslim no. 1079)

5.Menghidupkan Ramadhan

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang menghidupkan bulan ramadhan atas dasar keimanan dan mengharap pahala Alloh, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari 2009 dan Muslim 759)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut