get app
inews
Aa Read Next : Apa Saja Amalan Malam Nuzulul Qur'an? Ayo Disimak Baik-baik

Malam Nuzulul Quran, Simak Keutamaannya

Senin, 03 April 2023 | 19:56 WIB
header img
Keutamaan malam Nuzulul Quran (Foto: Ayudiafatma) 6. Salam Malaikat kepada Ahli Masjid

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Terdapat sejumlah keutamaan malam Nuzulul Quran yang perlu diketahui oleh seorang Muslim. malam Nuzulul Quran yakni turunnya Alquran yang bertepatan pada malam Lailatul Qodar. 

Nuzulul Quran lazim diperingati setiap 17 Ramadhan. Malam itu merupakan peringatan turunnya ayat Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW yakni ayat 1-5 Surat Al-Alaq di Gua Hira.

Mengenai malam nuzulul quran di malam Lailatul Qodar disebutkan dalam Alquran, Surat Al Qodar ayat 1-5:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5) Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

 

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menerangkan, bahwa Allah SWT  menurunkan Alquran di malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang penuh dengan keberkahan. 

Ibnu Abbas dan lain-lainnya mengatakan bahwa Allah Swt. menurunkan Al-Qur'an sekaligus dari Lauh Mahfuz ke Baitul 'Izzah di langit yang terdekat. Kemudian diturunkan secara terpisah-pisah sesuai dengan kejadian-kejadian dalam masa dua puluh tiga tahun kepada Rasulullah SAW.

Berikut keutamaan Malam Nuzulul Quran di bulan Ramadhan.

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

1. Malam Diturunkannya Alquran 

Allah SWT berfirman, mengagungkan kedudukan Lailatul Qadar yang dikhususkan oleh Allah sebagai malam diturunkan-Nya Al-Qur'an di dalamnya.

 

  {وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ} 

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. (Al-Qadar: 2-3).

 

2. Lebih Baik dari Malam selama Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar sebanding pahalanya dengan melakukan ibadah selama 1.000 bulan. Hal ini telah disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

 «مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ» 

Barang siapa yang melakukan qiyam (salat sunat) di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dan rida Allah, maka diampunilah baginya semua dosanya yang terdahulu.

3. Malaikat Jibril Bersama Para Malaikat Turun ke Bumi   

Pada malam yang penuh kemuliaan bersamaan turunnya Alquran, para malaikat dipimpin Malaikat Jibril alaihisalam turun ke bumi. Allah SWT berfirman:

 {تَنزلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ} 

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (Al-Qadar: 4)

4. Malam Keselamatan Malam 

Nuzulul Quran juga disebut dengan malam yang penuh keselamatan. 

{مِنْ كُلِّ أَمْرٍ} 

Artinya "Untuk mengatur segala urusan. (Al-Qadar: 4)

Mujahid mengatakan bahwa selamatlah malam kemuliaan itu dari semua urusan. Sa'id ibnu Mansur mengatakan, telah menceritakan kepada kami Isa ibnu Yunus, telah menceritakan kepada kami Al-A'masy, dari Mujahid sehubungan dengan makna firman-Nya: Malam itu (penuh) kesejahteraan. (Al-Qadar: 5) Bahwa malam itu penuh keselamatan, setan tidak mampu berbuat keburukan padanya atau melakukan gangguan padanya.

5. Ditakdirkannya Semua Urusan Mulai Ajal hingga Rezeki

 فِيها يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ 

Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. (Ad' Dukhan: 4) Qatadah dan yang lainnya mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah semua urusan ditetapkan di dalamnya dan semua ajal serta rezeki ditakdirkan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut