get app
inews
Aa Read Next : Bagi Zakat Senilai Rp13 M ke Tukang Becak, Antrean hingga 3 Km di Jombang

Iman Mahlil Tertunduk Lesu Ditangan Polisi, Pemalsu QRIS Kotak Amal Masjid

Selasa, 11 April 2023 | 16:17 WIB
header img
Polisi menetapkan Mohammad Iman Mahlil (MIM), pelaku pengganti barcode QRIS pada kotak amal di sejumlah masjid kawasan Jakarta sebagai tersangka, Selasa (11/4/2023). (Foto : MPI/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kini Mohammad Iman Mahlil (MIM) sudah berstatus tersangka. Pelaku pemalsuan barcode QRIS pada kotak amal di sejumlah masjid kawasan Jakarta diciduk polisi, Selasa (11/4/2023).

Pelaku yang berkacamata tersebut tertunduk lemas saat ditampilkan di Mapolda Metro Jaya. Iman Mahlil ditangkap setelah subuh di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Iman Mahlil tampak mengenakan rompi tahanan berwarna merah saat ditampilkan dalam rilis kasus. Badannya gempal dan berambut cepak. Dia tertunduk lesu saat digiring untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

Ancaman Penjara Lima Tahun

"Yang bersangkutan ditetapkan jadi tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Marpolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan yang bersangkutan dikenakan Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45a ayat 1 dan/atau Pasal 35 juncto 51 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 80 dan/atau Pasal 83 UU Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan/atau Pasal 378 KUHP. "Ancaman penjara di atas lima tahun," ujar Auliansyah.

Seperti diketahui, sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan seorang pria menukar barcode QRIS yang berada di kotak amal di masjid.  Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Kamis (6/4/2023) di dua masjid yakni Masjid Nurul Iman di Blok M Mal Square, Kebayoran Baru dan Masjid Nurullah Kalibata City, Jakarta Selatan.

Terlihat seorang pria sudah mempersiapkan stiker barcode QRIS untuk ditempelkan di kotak amal tersebut. Pelaku mengincar korban yang hendak bersedekah atau beramal pada saat Ramadhan lewat layanan digital. (*) 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ini Tampang Iman Mahlil Pemalsu QRIS Kotak Amal Masjid, Tertunduk Lesu ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/megapolitan/ini-tampang-iman-mahlil-pemalsu-qris-kotak-amal-masjid-tertunduk-lesu/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut