get app
inews
Aa Read Next : Ancaman Panas Terik Tertinggi 36 Derajat Celsius hingga 18 Juni, Peringatan Datang dari BMKG

4 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah karena Dehidrasi yang Disebabkan Cuaca Panas Menyengat

Selasa, 25 April 2023 | 19:22 WIB
header img
Tidak perlu bingung jika mengalami bibir pecah-pecah, karena terdapat sejumlah cara alami untuk mengatasinya. (Foto/Ilustrasi : Touch of Mink)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bibir pecah-pecah atau kering itu pertanda kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi yang menyebabkan kelembaban bibir menghilang. Dehidrasi terjadi umumnya dikarenakan cuaca yang sangat terik.

Belakangan ini, beberapa negara, termasuk Indonesia, tengah menghadapi cuaca panas . Namun, tidak perlu bingung jika mengalami bibir pecah-pecah, karena terdapat sejumlah cara alami untuk mengatasinya.

Cukup menggunakan bahan yang ada di rumah. Ini daftar minuman yang wajib dikonsumsi

1. Madu

Mengoleskan madu pada bibir. Ini juga berfungsi sebagai exfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit mati yang kering dari bibir.

Gunakan madu organik dan oleskan ke bibir sepanjang hari menggunakan jari atau kapas.

2. Lip Balm Krim atau Stik Lip Balm

Lip balm krim ampuh mengatasi bibir kering atau pecah-pecah. Menurut Direktur Penelitian dan Kosmetik Mount Sinai Hospital New York, Joshua Zeichner, MD, bibir pecah-pecah terkadang bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi jika tidak setelah 1-2 hari, coba gunakan lip balm.

3. Penuhi Asupan Air Putih

Bibir pecah atau kering bisa jadi salah satu tanda alami dehidrasi. Meskipun begitu, pastikan Anda tetap memenuhi asupan air putih, paling tidak 8 gelas per hari.

4. Oleskan Lidah Buaya

Bukan hanya madu, saat mengalami bibir pecah-pecah, ada baiknya mengoleskan aloe vera atau lidah buaya. Bisa menggunakan lidah buaya dalam kemasan atau langsung.

Bisa juga menggunakan lidah buaya segar dari daun tanaman lidah buaya. Potong daun dari tanaman dan iris terbuka untuk mengambil gelnya. Potong lidah buaya dan ambil gelnya, lalu simpan dalam wadah, dan oleskan gel ke bibir dengan jari sesuai kebutuhan.

Demikian cara mengatasi bibir pecah-pecah akibat dehidrasi. Semoga bermanfaat. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 25 April 2023 - 17:38 WIB oleh Kevi Laras dengan judul "Cuaca Panas Menyegat, Ini 4 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah karena Dehidrasi".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut