get app
inews
Aa Read Next : Ketua RW hingga Sekuriti Ditangkap Polisi terkait Kasus Narkoba di Tangerang Selatan

Banyak yang Bingung, Bintaro Sektor Apakah Masuk Wilayah Jakarta Selatan atau Tangerang Selatan?

Rabu, 10 Mei 2023 | 10:37 WIB
header img
Keberadaan wilayah Bintaro sektor kerap kali dipertanyakan. (Foto : SINDOnews)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Kebingungan warga sering mencuat seputar wilayah Bintaro sektor. Apakah masuk Tangerang Selatan (Tangsel) atau Jakarta Selatan (Jaksel). Tak sedikit warga bahkan mengaku bahwa Bintaro adalah wilayah Jaksel.

Pertanyaan tentang wilayah Bintaro Sektor berada di Jaksel atau Tangsel kerap membuat bingung, lantaran pembangunan wilayah ini memang telah merambah sampai ke Tangerang.

Pada awalnya Bintaro merupakan sebuah kelurahan yang terletak di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kemudian pada tahun 1979, Jaya Real Property mulai membangun kawasan tersebut menjadi sebuah kota mandiri bernama Bintaro Jaya.

Laman Bintaro Raya

Dilansir dari laman Bintaro, PT Bintaro Raya didirikan berdasar Undang-Undang Penanaman Modal Dalam Negeri pada tanggal 25 Mei 1979 dengan akta No. 36, yang kemudian diubah dengan akta No. 14 pada tanggal 6 Desember 1979.

Sejak pembangunan tersebut diberlakukan, luas wilayah Bintaro Sektor terus berkembang hingga sekarang dan menjadi kawasan terpadu yang memiliki luas melampaui kelurahan itu sendiri.

Luasnya ini bahkan sudah bukan hanya berada di ranah Jakarta saja namun juga merambah ke lingkup Tangerang Selatan.

Karena luasnya yang telah menerjang sampai ke batas wilayah membuat orang-orang menamai kawasan tersebut sebagai Bintaro. Baik yang berada di Jaksel ataupun Tangsel.

Akan tetapi bila merujuk pada laman resmi Bintaro Jaya, maka wilayah Bintaro Sektor tersebut tetap berada dalam wilayah Jakarta Selatan. Kawasan ini memang populer di Kota Metropolitan sebagai wilayah yang punya banyak fasilitas yang terus diperbarui serta berdekatan dengan pusat bisnis. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 09 Mei 2023 - 21:54 WIB oleh Rizky Darmawan dengan judul "Wilayah Bintaro Sektor Itu Jaksel atau Tangsel? Simak Penjelasannya".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut