get app
inews
Aa Read Next : Allah SWT Ciptakan Makhluknya Berpasang-pasangan, Surat Yasin Ayat 36 dan Tafsir

Baca Surat Yasin di Malam Jumat ini Manfaatnya, Begini Dalil dan Hadistnya

Kamis, 18 Mei 2023 | 17:44 WIB
header img
Membaca Surat Yasin di malam Jumat memiliki banyak keutamaan. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNewsSerpong.idManfaat membaca Surah Yasin di malam Jumat banyak disebutkan dalam hadits. Selain disunahkan membaca Surat Al Kahfi, Muslim juga dianjurkan membaca Surat Yasin di malam Jumat. 

Surat Yasin merupakan surat ke-38 dalam Alquran. Surat berjumlah 83 ayat itu masuk dalam surat Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Arti surat itu hanya Allah yang tahu, namun sebagian ulama tafsir menakwil arti surat itu dengan nama Nabi Muhammad SAW.

Membaca Surah Yasin di malam Jumat lazim dilakukan sebagian besar Muslim di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan berharap mendapat ampunan dan pahala dengan membaca surat yasin tersebut.

Hujjatul Islam, Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul Hidayah menganjurkan membaca beberapa surat Alquran pada malam Jumat.

“Disunnahkan pada hari jumat atau pada malamnya, untuk melakukan shalat empat rakaat dengan membaca surat-surat berikut: Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yaasin. Jika tidak mampu maka bisa hanya dengan membaca Surat Yasin dan ad-Dukhan, alif laam mimm as-Sajadah dan Surat al-Mulk”.

Syekh Abdur Raul al-Manawi menyebut beberapa surat yang diterangkan keutamaannya dalam sebuah hadits, yaitu Surat al-Baqarah, Ali Imran, al-Shaffat, Yasin, dan surat-surat yang menyebutkan ihwal Ali Imran.

Ketua Aswaja Center PWNU Jatim, KH Ma'ruf Khozin menjelaskan, para ulama hadits dari Mesir menganjurkan baca surat-surat tertentu di malam Jumat berdasarkan hadits

اااااءااااااااء

Ketahuilah bahwa yang sudah diketahui untuk dibaca di malam Jumat atau hari Jumat bukanlah Surat Al-Kahfi saja seperti yang diamalkan di pondokan dan madrasah. Sungguh ada banyak hadis yang menganjurkan membaca surat-surat Al-Qur'an selain Al-Kahfi, baik di malam atau di hari Jumat (Al-Munawi, Faidl Al-Qadir, 4/199)

1. Dosa Diampuni

Manfaat membaca Surah Yasin di Malam Jumat di antaranya akan mendapat ampunan dosa.

مَنْ قَرَأَ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ حم الدُّخَانَ وَيس أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ (أخرجه البيهقى فى شعب الإيمان وضعفه عن أبى هريرة وأخرجه أيضًا : أبو يعلى)

Artinya: “Barang siapa membaca di malam Jumat Surat Hamim ad-Dukhan dan surat Yasin maka Allah mengampuni-nya di pagi hari” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman, ia menilai dlaif, dari Abu Hurairah. Juga oleh Abu Ya’la)

Dalam riwayat lain dijelaskan:

 وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له  رواه الأصبهاني

Artinya: Barangsiapa membaca (Surah) Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). [ At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298 ].

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut