get app
inews
Aa Read Next : Kutip Dalil, Celaka Orang yang Shalat Namun Tidak Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Lengkap dengan Tafsir dan Artinya, Inilah Makna Kun Fayakun di Alquran Surat Yasin Ayat 82

Rabu, 08 Februari 2023 | 18:30 WIB
header img
Makna Kun Fayakun di Alquran surat Yasin ayat 82 (Foto: Haci Elmas)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Inilah makna Kun Fayakun di Alquran surat Yasin ayat 82. Ayat tersebut adalah salah satu penegasan bukti kekuasaan Allah atas semua makhluknya.

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Alquran yang terdiri dari 83 ayat. Surat ini termasuk golongan surat Makkiyah dan sering disebut sebagai jantungnya Al Quran.

Dalam ayat 82 ditunjukkan kuasa Allah yang dengan mudah dapat menciptakan sesuatu yang dikehendaki-Nya. Ayat tersebut kemudian dipertegas dan ditutup dengan ayat terakhir yakni ayat 83.

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ 

Latin: Innamaaa amruhuu idzaaa araada syaian an yaquula lahuu kun fayakuun.  Artinya: Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu. (QS. Yasin ayat 82).

Makna Kun Fayakun di Ayat 82

Seperti yang pernah dilansir iNews.id dari Tafsir Quran Kemenag, makna surat yasin ayat 82 ini membuktikan kekuasaan Allah dengan betapa mudah bagi-Nya menciptakan sesuatu. Apabila Allah menghendaki untuk menciptakan suatu makhluk, cukuplah Allah berfirman, "Jadilah," maka dengan seketika terwujudlah ciptaan itu. 

Mengingat kekuasaan-Nya yang demikian besar, maka adanya hari kebangkitan itu, di mana manusia dihidupkan-Nya kembali sesudah terjadinya kehancuran di hari Kiamat, bukanlah suatu hal yang mustahil, dan tidak patut diingkari.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan mengenai riwayat kekuasaan Allah yang menghendaki sesuatu dengan hanya satu kata. Diriwayatkan dari Abi Dzar, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:  

عَنْ أَبِي ذَر، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ: يَا عِبَادِي، كُلُّكُمْ مُذْنِبٌ إِلَّا مِنْ عَافَيْتُ، فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ. وَكُلُّكُمْ فَقِيرٌ إِلَّا مَنْ أَغْنَيْتُ، إِنِّي جَوَادٌ مَاجِدٌ وَاجِدٌ أَفْعَلُ مَا أَشَاءُ، عَطَائِي كَلَامٌ، وَعَذَابِي كَلَامٌ، إِذَا أَرَدْتُ شَيْئًا فَإِنَّمَا أَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ". 

Dari Abu Zar ra yang mengatakan bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw pernah bersabda: Sesungguhnya Allah Swt. berfirman, "Hai hamba-hamba-Ku, kalian semua berdosa terkecuali orang yang Aku maafkan. Maka mohonlah ampunan kepada-Ku, tentu Aku mengampuni kalian. Dan kalian semua miskin, kecuali orang yang Aku beri kecukupan; sesungguhnya Aku Maha Pemurah, Mahaagung, Mahakaya, Aku melakukan apa saja yang Kukehendaki. Pemberian-Ku hanya satu kata, dan azab-Ku hanya satu kata; apabila Aku menghendaki sesuatu, sesungguhnya Aku hanya mengatakan kepadanya, 'Jadilah!' Maka jadilah ia.”
Ayat 82 kemudian dilengkapi atau dipertegas dengan ayat penutup yakni 83 yang berbunyi demikian:

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut