get app
inews
Aa
Read Next : 2 Kali Gagal Naik Haji, Akhirnya Doa Nenek Pedagang Warteg Terkabulkan

Hasil Jual Arang Kayu Sejak 1975, Mengantarkan Pasutri Naik Haji

Jum'at, 26 Mei 2023 | 13:42 WIB
header img
Budiyono (68) dan Komsiyah (64), warga Dusun Kalilateng, Desa Mluweh, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, bersyukur bisa berangkat haji tahun ini. (iNews.id)

Doa dari sang ibu inilah yang kemudian membuat niat Komsiyah dan Budiono untuk menunaikan ibadah haji 2023 semakin besar, meski mereka hanya mengandalkan penghasilan dari menjual arang kayu.

Mereka pun rajin menabung dengan menyisihkan sebagian penghasilan. Komsiyah menyisihkan  dari menjual arang kayu dan Budiono juga membantu mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dari hasil kebun, seperti jagung dan pisang untuk melunasi biaya haji.

Komsiyah juga mengenang, dulu untuk menjual arang harus digendong dari rumah menuju pasar Peterongan Semarang, berangkat dari rumah pukul 01.00 WIB dan pulang pada pukul 08.00 WIB.

Ketika itu, harga arang kayu satu gendongan (30 kilogram) hanya Rp250. Sekarang satu plastik arang kayu (1,2 kilogram) seharga Rp5.000. “Alhamdulillah, dari jerih payah ini sekarang bisa menjual 1 -1,5 ton arang kayu, sekali kirim,” ujarnya.     

Budiono mengataka, untuk makan sehari- hari terkadang Komsiyah juga membuat aneka penganan seperti sermier, lentho dan klenyem untuk dijual kepada tetangga yang ada di lingkungan sekitar rumahnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut