get app
inews
Aa Read Next : Perhatian, Dukcapil DKI Jakarta Pastikan Menonaktifkan NIK KTP Warga yang Tinggal di Luar Jakarta

119 Tahun Usia Calon Haji Tertua, Mbah Harun Rela Jual Sapi Kesayangan

Jum'at, 26 Mei 2023 | 13:48 WIB
header img
Mbah Harun, calhaj tertua berusia 119 tahun mendoakan Gubernur Khofifah. (Lukman Hakim).

SURABAYA, iNewsSerpong.id – Mbah Harun, jemaah calon haji (calhaj) berusia 119 tahun menyita perhatian publik. Selain karena menjadi calhaj tertua, kakek asal Pamekasan itu juga mengundang decak kagum kagum karena masih bugar meski usianya lebih dari satu abad. 

Saat tiba di Asrama Haji Surabaya, Mbah Harun pun berkesempatan bertemu khusus dengan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Kepada orang nomor satu di Jatim itu Mbah Harun menceritakan perjuangannya bisa naik haji. Dia mengaku mendaftar haji sejak tahun 2017. 

Untuk bisa berangkat ke tanah suci, Mbah Harun rela menjual tanahnya. Ketika dipanggil untuk berangkat haji tahun 2023 ini, ia menjual dua sapi kesayangan untuk melakukan pelunasan biaya ibadah haji. “Saya bersyukur bisa berangkat dengan keponakan saya Misdi (63),” katanya.

Terkait resep yang membuatnya bisa tetap sehat hingga 119 tahun, Harun mengaku rutin membaca Alquran dan tanpa mengenakan kacamata. Mengingat dia memiliki cukup banyak waktu, maka Harun cukup sering membaca kitab suci tersebut. Harun juga rutin melakukan salat malam.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut