get app
inews
Aa Read Next : Lebih Tinggi Kolesterol Mana, Kambing atau Ayam?

Kambing Umur Minimal Berapa Bisa untuk Kurban? Simak Syarat Sesuai Syariat

Kamis, 08 Juni 2023 | 08:43 WIB
header img
Dalil tentang Qurban dan Aqiqah (Foto: Elements Envato)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Berapa umur minimal kambing yang bisa ungtuk kurban? Hal itu penting untuk diketahui setiap Muslim, khususnya ketika menjelang Idul Adha.

Sebagai informasi, pemerintah Indonesia memperkirakan Idul Adha 1444 Hijriyah akan jatuh pada 29 Juni 2023. Di lain pihak, PP Muhammadiyah telah menetapkan hari raya Idul Adha akan jatuh pada 28 Juni 2023.

Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah identik dengan ibadah kurban. Penyembelihan hewan rurban dilakukan pada 10 Dzulhijjah dan hari Tasyrik yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Anjuran untuk berkurban termaktub dalam Al Quran surat Al Hajj ayat 34, Allah SWT berfirman:

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَۙ 

Artinya: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS. Al Hajj: 34)

 

Dilansir iNews.id dari Lembaga Amil Zakat Al Azhar, Rabu (7/6/2023), ibadah kurban tidak akan sah jika hewan kurban yang tidak memenuhi syariat. Hal itu sebagaimana termaktub dalam hadits di mana Rasulullah SAW pernah bersabda: 

"Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan kurban yaitu, yang rusak matanya, yang sakit, yang pincang, yang kurus dan tidak berlemak lagi." (HR Ahmad).

Lantas, bagaimana dengan ketentuan hewan kurban yang ideal? Berikut adalah ulasannya.

Umur Minimal Hewan Kurban

Dalam memilih hewan kurban sesuai syariat islam, yang penting diperhatikan adalah memastikan usia hewan ternak tersebut telah ideal. Ketentuan umur hewan berdasarkan jenisnya tentu berbeda-beda satu sama lain.

Jika kurban domba atau kambing, maka umur yang disyariatkan minimal berusia 1 tahun. Namun jika yang dikurbankan adalah sapi atau kerbau, maka kriteria yang dianjurkan adalah minimal 2 tahun atau masuk tahun ketiga.

Cara mudah untuk mengetahui umur hewan kurban antara lain adalah melihat riwayat kelahiran hewan tersebut. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan metode cek gigi hewan ternak tersebut.

Jika gigi susu hewan ternak tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), itu artinya menandakan bahwa domba atau kambing telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan untuk sapi dan kerbau artinya telah berumur sekitar 22 bulan.
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut