get app
inews
Aa Read Next : 2 SUV Listrik dari Neta Siap Diproduksi di Indonesia pada Tahun ini

Perbedaan SUV, Crossover dan Hatchback, Masih ada yang Sering Keliru

Sabtu, 17 Juni 2023 | 08:20 WIB
header img
Tipe SUV salah satu mobil digemari masyarakat Indonesia. SUV, Hatchback, dan Crossover adalah tiga tipe mobil banyak warnai jalan di Indonesia. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menilisik kisah mobil modern yang diawali Henry Ford pada 1908. Saat itu mobil buatan Ford Model T dibuat dengan cara yang sangat sistematis.

Ford Model T diproduksi massal dengan desain layak dikendarai. Itulah cikal bakal desain mobil modern yang terus berkembang cepat.

Seiring waktu para desainer mobil membuat kendaraan roda empat yang disesuaikan dengan fungsinya.

Hal itu dilakukan agar mobil yang dibuat bisa lebih maksimal dan sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

Tipe Mobil Paling Laku

Dari situ akhirnya muncul nama-nama jenis mobil yang didasarkan pada tipe bodi mobil. Maka hadirlah jenis-jenis mobil seperti SUV, Hatchback, dan Crossover. Kebetulan di Indonesia tiga jenis mobil itu sangat disukai.

Masalahnya, di antara ketiga tipe mobil itu, terdapat beberapa perbedaan yang kadang sedikit membingungkan konsumen yang saat membedakan karakter mereka.  

Apalagi bagi masyarakat awam atau orang yang baru mengenal dunia otomotif, khususnya mobil. Agar tidak bingung atau tertukar dalam mengenali mobil tipe SUV, Hatchback, dan Crossover. Berikut penjelasannya :

1. Tipe SUV (Sport Utility Vehicle)

Tipe SUV salah satu kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Mobil memiliki keunggulan utama, yaitu dapat menerjang segala medan jalanan, baik on-road maupun off-road.

Tipe SUV memiliki bodi yang bongsor dan tinggi, karena suspensi dan dimensi ban yang cukup besar. Selain itu, mobil tipe ini rata-rata dibekali dengan kapasitas mesin yang cukup besar.


Tipe SUV (Sport Utility Vehicle). (Foto : Ist)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut