get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Timnas Indonesia, PSSI Disinyalir Bayar Pemain Naturalisasi, Benarkah?

Bima Sakti Terpilih sebagai Pelatih Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023

Minggu, 25 Juni 2023 | 10:10 WIB
header img
Bima Sakti dipercaya PSSI menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk mentas di ajang Piala Dunia U-17 November 2023 mendatang. (Foto : PSSI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir memilih Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Sebelumnya, Bima sukses membawa Timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16.  

FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Kepastian itu terjadi usai Peru yang dipilih sebagai tuan rumah mengundurkan diri.

Erick Thohir mengatakan, kesempatan diberikan kepada Bima Sakti yang usianya lebih muda dari Shin Tae-yong (Timnas senior) dan Indra Sjafri (Timnas U-19).

Butuh Coach Muda

"Kami memberikan kesempatan kepada coach Bima Sakti. Kami perlu coach muda," ucap Erick Thohir dalam konferensi pers, Sabtu (24/6/2023). Bima Sakti sukses melatih Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16.

Bima Sakti  kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 23 Januari 1976. Dia memulia karier di sepak bola junior dengan bergabung di klub Ossiana Sakti dan PKT Junior.

Pada 1994, Bima Sakti bersama Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandi terpilih sebagai pemain asal Indonesia yang berlatih dengan Sampdoria Primavera.

Kala itu Sampdoria Primavera dilatih oleh pelatih legendaris asal Swedia, Sven Goran Erikson.  Di kurun waktu 1994 hingga, Bima Sakti malang melintang di klub-klub Liga Indonesia seperti Pupuk Kaltim, Pelita Jaya, Pelita Solo, PSM Makassar.

Selanjutnya, PSPS Pekanbaru, Persiba Balikpapan, Perseba Bangkalan, Mitra Kukar dan Gresik United.  Hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola di tahun 2017. 

Prestasi Bima Sakti 

Bima Sakti berkarier di Timnas kurun waktu 1995-2001. Selama itu, dia mampu mencatatkan 58 penampilan bersama skuad Garuda. Bima Sakti memulai karir di dunia kepelatihan di tahun 2017.

Saat itu ia dipercaya sebagai Asisten pelatih dari Luis Milla di timnas Indonesia U-23. Kala itu, Timnas Indonesia hanya mampu juara 3 di SEA Games 2017. Selain itu, mereka juga harus tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2018.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut