get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Timnas Indonesia, PSSI Disinyalir Bayar Pemain Naturalisasi, Benarkah?

Shin Tae-yong Prioritaskan Pemain Berdarah Indonesia Masuk Timnas

Rabu, 12 Januari 2022 | 08:53 WIB
header img
Spasojevic, salah pemain naturalisasi. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.Serpong.id- Shin Tae-yong menerapkan aturan ketat memanggil pemain  masuk memperkuat Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu menyatakan pemain naturalisasi yang masuk timnas harus memiliki darah Indonesia.

Pemain yang memiliki darah Indonesia diyakini memiliki semangat tinggi untuk membela Tanah Airnya. Bukan semata-mata memilih dinaturalisasi karena tertarik dengan hal lain.

Hal terungkap dalam wawancara bersama Youtuber Deddy Corbuzier, Selasa (11/1/2022). Dengan kriteria itu, sejumlah pemain naturalisasi terancam sulit membela Timnas Indonesia. Misalnya Marc Klok dan Ilija Spasojevic. Padahal, dari segi kemampuan Marc Klok dan Spasojevic layak dicoba. Terlebih, Spaso dinilai sebagai kandidat striker ideal untuk Skuad Garuda saat ini.

Selain itu, pemain top Liga 1 yang secara terbuka berminat untuk dinaturalisasi juga terancam tak bisa diproses hingga tahun depan. Pemain tersebut adalah Renan Silva dan Makan Konate.

Timnas Indonesia tercatat bakal menghadapi jadwal padat di sepanjang tahun 2022. Sejumlah turnamen besar menanti Skuad Garuda, seperti Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2022.

Ada beberapa pemain senior berpeluang besar dipanggil untuk berlaga di ajang tersebut. Pemain naturalisasi senior Indonesia sejatinya juga termasuk dalam pemain yang berpotensi mendapatkan panggilan timnas. Namun, syarat mutlak yang diberikan Shin Tae-yong membuat beberapa dari mereka terancam tak bisa membela Skuad Garuda.

PSSI dan Shin Tae-yong lebih memprioritaskan mereka yang memiliki darah keturunan Indonesia. Syarat tersebut juga dapat berimbas kepada empat pemain keturunan Indonesia yang tengah diproses: Jordi Amat, Ragnar Oratmangoen, Sandy Walsh, dan Mees Hilgers. Mereka tentu harus bisa membuktikan memiliki darah Indonesia melalui garis keturunan keluarga mereka.

Syarat yang diminta Shin Tae-yong diyakini memiliki alasan tersendiri di baliknya.  Tentu hal itu demi kebaikan dari timnas Indonesia di masa depan. Coach Shin pun diharapkan dapat meraih prestasi pada rangkaian turnamen yang dilakoni tim Garuda sepanjang 2022.

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut