JAKARTA, iNewsSerpong.id - Vespa PTS sebagai Vespa klasik diburu para kolektor dan peminat. Tak heran bila harganya terus melonjak dari puluhan juta hingga menembu Rp100 juta.
Vespa PTS bak harta karun kaerna banyak diburu penghobi untuk dijadikan motor koleksi, alasannya karena memiliki desain yang sangat menarik. Tapi, ada juga yang menggunakannya untuk mobilitas harian karena bodinya yang ramping.
Pakai Mesin Kecil
Skuter dua tak ini memiliki kapasitas mesin yang cukup kecil, yakni 90 cc dan 100 cc, serta hanya dilengkapi dengan 3 gigi. Namun, soal performa Vespa PTS tak dapat diragukan karena bisa melaju cukup kencang.
Budi Karsetio Wibowo, dari bengkel Scooterbooster, mengungkapkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Vespa PTS. Ini juga yang perlu jadi pertimbangan mereka yang ingin membeli skuter jenis smallframe ini.
Kelebihan Vespa PTS
1. Bodi Ramping
Vespa PTS itu punya bodi ramping, jadi kalau untuk di perkotaan mudah selap-selip pas macet. Itu kelebihan pertama. "Jadi gak pegel kalau lagi macet, beda sama Super atau Sprint,” kata Budi saat dihubungi MNC Portal.
2. Irit Bahan Bakar
Kapasitas mesin yang kecil juga membuat konsumsi bahan bakar Vespa PTS sangat irit. “Kelebihan lainnya motor ini irit, soalnya mesinnya kecil jadi konsumsi bahan bakarnya rendah. Ini berlaku yang untuk standar,” ujar Budi.
3. Pajak Rendah
Usia yang tak lagi muda dan ukuran mesin yang kecil membuat Vespa PTS memiliki nilai pajak yang sangat rendah. Bahkan, bisa hanya puluhan ribu rupiah untuk membayar pajak tahunannya.
4. Cocok untuk Investasi
Memiliki desain yang unik, Vespa PTS saat ini menjadi barang yang sangat cocok untuk berinvestasi. Meski masuk dan dijual secara resmi ke Indonesia, peredaran Vespa PTS tidak terlalu banyak saat ini, sehingga nilainya terus meningkat.
Kekurangan Vespa PTS
1. Perawatan Sulit
Memiliki bodi yang ramping membuat perawatan Vespa PTS akan sangat sulit, karena ruang gerak tangan terbatas. Untuk memudahkan perawatan, biasanya harus turun mesin karena tepongnya tidak bisa dilepas.
“Dibandingkan Super dan Sprint, Vespa PTS ini sangat sulit perawatannya. Nah ini yang jadi kekurangannya,” ucap Budi.
2. Karbu Sering Bermasalah
Vespa PTS memiliki jenis karburator yang berbeda dibandingkan yang lainnya, sehingga harus memboyong yang original. “Kalau originalnya itu harganya bisa Rp1,5 juta sampai Rp2 juta, lumayan mahal. Soalnya dia di tengah kan karbunya. Jadi kita akalinya pakai karbu motor Jepangan,” kata Budi.
3. Harga Mahal
Vespa PTS dengan spesifikasi full aftermarket, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun, untuk kondisi bahan atau memerlukan perbaikan, saat ini sudah dijual sampai puluhan juta rupiah.
“Untuk harga bahan perlu dibenahin sekitar Rp40 jutaan. Kalau sudah siap jalan tapi kondisi standar, sekitar Rp50 juta sampai Rp60 juta. Tapi kalau sudah full aftermarket atau siap balap, bisa kena lebih dari Rp100 juta,” ungkap anggota Komunitas Vespa 60s itu. (*)
Vespa PTS adalah skuter dua tak yang memiliki kapasitas mesin cukup kecil. (Foto : Ist)
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 02 Juli 2023 - 20:17 WIB oleh Muhamad Fadli Ramadan dengan judul "Kelebihan dan Kekurangan Vespa PTS, Motor Tua dengan Harga Rp100 Jutaan | Halaman Lengkap".
Editor : Syahrir Rasyid