get app
inews
Aa Read Next : SEVA Raih Penghargaan Marketeers Editor's Choice Award 2024 untuk Kampanye #JelasDariAwal 

Buat Para Jomblo, ini Doa Mendapatkan Jodoh Anjuran dari Nabi

Jum'at, 07 Juli 2023 | 08:41 WIB
header img
Doa mendapatkan jodoh (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id- Apakah ada doa mendapatkan jodoh  yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam? Pertanyaan tersebut mewakili para jomblowan dan jomblowati yang masih mencari pasangan.

Menjawab persoalan tersebut, Ustaz Ammi Nur Baits pembina laman Konsultasi Syariah menyebutkan, tidak ada doa khusus yang dapat dimintakan untuk mendapatkan jodoh

Meskipun ada beberapa versi doa yang beredar di masyarakat, namun tidak ada rujukan atau dalil yang jelas mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, sikap yang tepat adalah tidak mempraktikkan doa semacam itu, karena tidak memiliki dasar yang jelas dalam ajaran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam atau rekomendasi dalam agama Islam.

Selain itu, tidak ada amalan tertentu yang dapat mempercepat kedatangan jodoh. Berbagai informasi mengenai amalan-amalan yang dapat mempercepat jodoh juga tidak memiliki sumber yang jelas dalam syariat agama.

Dengan demikian, penting untuk memahami bahwa jodoh merupakan ketentuan dari Allah SWT dan merupakan bagian dari takdir-Nya. Lebih baik fokus pada pengembangan diri, meningkatkan kualitas pribadi, serta berdoa kepada Allah SWT agar diberikan jodoh yang terbaik menurut kehendak-Nya.


Doa mendapatkan jodoh


Karena tidak terdapat sumber yang shahih perihal doa mendapatkan jodoh, maka Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa berikut ini.

Doa yang baik adalah doa yang disebut dengan istilah "jawami' ad-dua" yaitu doa yang memiliki kalimat yang singkat namun memiliki makna yang luas. Aisyah radhiyallahu 'anha pernah menyatakan:


Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنَ الدُّعَاءِ، وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai jawami’ ad-dua (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya). Dan beliau tinggalkan yang lainnya. (HR. Ahmad, Abu Daud, dan dishahihkan al-Albani).

Di antaranya adalah doa sapu jagad. Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

كَانَ أَكْثَرُ دَعْوَةٍ يَدْعُو بِهَا رَسُولُ صَلَّى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Doa yang paling sering dipanjatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: ALLAHUMMA RABBANAA  AATINAA FID-DUNYAA HASANAH WA FIL AAKHIRATI HASANAH WA QINAA ADZAABAN NAAR” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan doa ini, kita menunjukkan sikap pasrah kepada Allah, memohon agar Dia memberikan yang terbaik dalam kehidupan kita, baik di dunia maupun di akhirat.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut