get app
inews
Aa Read Next : Anak UI Merasa Kalah dari Anak STM, Pengusaha Menyebut Sejumlah Faktor Penyebab

15 Tahun Usianya, Dyah Ayu Ardhana Reswari Tembus Fakultas Kedokteran UI

Selasa, 11 Juli 2023 | 06:59 WIB
header img
Dyah Ayu Ardhana Reswari (dok. UI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Dyah Ayu Ardhana Reswari menyandang status mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) tahun ini di usianya yang baru 15 tahun. Dyah lolos ujian masuk UI melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Dyah berhasil masuk UI setelah sebelumnya gagal seleksi lewat jalur masuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

“Saya sering mengerjakan latihan soal, mengikuti tryout, dan me-review hasil ujian. Review inilah yang paling penting karena dengan melihat letak kesalahan saat latihan atau tryout, saya bisa mempelajari lagi materi yang kurang dimengerti,” ujar Dyah, dikutip dari keterangan resmi UI, Senin (10/7/2023).

Dyah yang berasal dari SMAN 1 Cileungsi, Bogor mengaku bercita-cita menjadi dokter sejak kecil. Ketertarikannya pada FKUI berawal dari materi sejarah tentang fakultas ini yang pernah dia pelajari di Sekolah Dasar (SD).

Saat itu, sang guru bercerita tentang STOVIA yang merupakan cikal bakal FKUI dan merupakan sekolah kedokteran pertama dan tertua di Indonesia. Dia pun mencari informasi terkait FKUI melalui keluarga, lingkungan sekitar dan siaran di televisi. 

Dyah mulai riset mengenai perkuliahan di UI melalui testimoni orang-orang di media sosial semasa SMA. Dia juga mendapat informasi lebih lanjut dari mahasiswa UI yang mengadakan kegiatan Expo Campus di sekolahnya.

Dia pun yakin memilih FKUI sebagai tempatnya menempuh pendidikan.

 “Dulu, banyak yang bilang impian saya untuk masuk FKUI terlalu idealis dan tidak realistis. Namun, Alhamdulilah, berkat dukungan orang tua dan teman-teman, saya memberanikan diri untuk memilih FKUI di SNBT. Walaupun nilai tryout masih kurang, saya tetap berusaha, dan saya pun berhasil. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin kalau kita berusaha dan yakin!” katanya.

Mahasiswa muda ini mengaku terbiasa berdisiplin sejak kecil. Dia masuk SD di umur yang tergolong cukup muda, yaitu 4 tahun 10 bulan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut