get app
inews
Aa Read Next : Sebelum Meninggal Istri Babe Cabita Unggah Foto : Sayangku, Surgaku, Duniaku

Dubai Paling Manjakan Warganya, Mulai dari Lahir hingga Meninggal Ditanggung Negara

Senin, 17 Juli 2023 | 11:12 WIB
header img
Dubai menjadi negara terkaya di dunia yang paling memanjakan rakyatnya. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Uni Emirat Arab, Dubai, tercatat menjadi negara terkaya di dunia yang paling memanjakan rakyatnya mulai dari lahir sampai meninggal.

Mengutip NasDaily, Dubai tercatat menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar 570 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp8.526 Triliun pada tahun 2022. 

Dengan PDB jumbo tersebut, pemerintah Dubai menggratiskan layanan kesehatan dan pendidikan bagi rakyatnya, bahkan untuk biaya kelahiran hingga pemakaman. 

Saat warga Dubai melahirkan, tak perlu khawatir mempersiapkan biaya rumah sakit, karena semuanya dibayar pemerintah. Tak hanya itu, biaya check up kehamilan selama 9 bulan pun ditanggung pemerintah alias gratis. 

Saat anak masuk sekolah, tidak usah bingung dengan biayanya karena pemerintah Dubai menggratiskan biaya pendidikan mulai dari TK sampai kuliah di sekolah lokal.

Nah ketika tiba saatnya anak Anda akan menikah, pemerintah Dubai juga menyiapkan dana sebesar 20 dolar AS atau sekitar Rp300 juta untuk pesta pernikahan bagi warga negaranya. 

Setelah menikah pasangan tersebut akan mendapat tanah dari pemerintah, yang lagi-lagi gratis. Jika ingin membangun rumah maka akan mendapat fasilitas pinjaman bank dengan bunga 0 persen.

Rumah sakit juga bebas biatya bagi warga negara Dubai. Saat sakit, tak ada biaya yang harus dibayar karena ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Bahkan kalau warga Dubai harus dioperasi untuk suatu penyakit dan tidak ada fasilitas operasi tersebut di Dubai, maka pasien akan diterbangkan ke negara yang menyediakan operasi tersebut dan dibiayai penuh oleh pemerintah. 

Nah saat warga Dubai meninggal dunia, biaya pemakaman pun digratiskan oleh pemerintah. Tak hanya itu, Warga Dubai juga tidak dipungut pajak pendapatan. 

Pertanyaanya, dari mana pemerintah Dubai memperoleh dana untuk membiayai semua fasilitas tersebut bagi rakyatnya? Banyak yang berpikir Dubai memiliki pendapatan terbesar dari minyak, namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Pasalnya minyak hanya memberikan kontribusi sebesar 7 persen untuk PDB Dubai. 

Beberapa sumber pendapatan negara Dubai, sehingga mampu memfasilitasi rakyatnya adalah pendapatan dari pelabuhan dan real estate. Dengan memberikan Pelabuhan Jebel Ali Freezone yang sekaligus menjadi zona ekonomi gratis menarik investor untuk berinvestasi di Dubai. 

Begitu juga dengan real estate yang sekaligus menjadi sarana atau destinasi wisata. Salah satunya adalah gedung tertinggi di dunia, yaitu Burj Khalifah, yang dilengkapi dengan hotel bintang tujuh. 

Dengan investasi yang dikeluarkan sejak 1980, Dubai perlahan tidak bergantung pada minyak sebagai sumber pendapatan negara, sehingga saat ini yang menopang perekonomian negara tersebut adalah pendapatan dari pelabuhan dan real estate. 

Itulah Dubai, negara yang paling manjain rakyatnya mulai dari lahir sampai meninggal. Bagaiman, apakah Anda tertarik pindah ke Dubai?

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut