JAKARTA, iNews.id - Sejak diselenggarakan pada tahun 2004, JF3 menjadi ajang festival fashion terbesar dan berpengaruh di Indonesia. JF3 hadir kenbali mulai 5-30 Juli 2023 dengan membawa berbagai pembaharuan dalam penyelenggaraannya yang ke-19, diantaranya dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Summarecon Mall Kelapa Gading dan Summarecon Mall Serpong.
Berbagai kegiatan yang melibatkan desainer, pelaku bisnis mode dan pengrajin, menjadi program utama JF3 Fashion Festival. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen JF3 dan para partnernya untuk terus mendukung kebangkitan industri mode tanah air.
Soegianto Nagaria, Chairman JF3 menjelaskan, “JF3 2023 mengusung tema "Power to Empower", kami mengajak berbagai pihak yang memiliki kepedulian tinggi untuk mendukung eksistensi industri mode Indonesia. Seiring dengan perkembangan industri mode global yang terus bergerak maju pasca pandemi, JF3 mengajak seluruh pihak untuk turut memberikan kontribusi dan aspirasi menentukan arah baru, akan dibawa kemana Industri Fashion Indonesia?.”
Soegianto Nagaria juga sangat optimis dengan penyelenggaraan JF3 di lokasi yang baru, “Tahun ini JF3 memperluas jangkauan dengan menyelenggarakan acara di dua lokasi, yaitu Summarecon Mall Kelapa Gading dan Summarecon Mall Serpong. Kami percaya bahwa lokasi baru yang kami pilih ini memiliki potensi pasar yang sangat baik, sehingga akan memberikan dampak bisnis yang lebih besar bagi para pelaku bisnis mode yang terlibat," tambah Soegianto.
JF3 Fashion Festival menggelar dua acara utama, dimulai dari Fashion Village yang melibatkan total 84 pelaku bisnis mode lokal, akan berlangsung di Summarecon Mall Serpong (SMS) mulai tanggal 5 hingga 19 Juli, dilanjutkan di Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG) mulai tanggal 19 hingga 30 Juli.
Sedangkan fashion show dari para desainer muda dan terkemuka akan berlangsung pada tanggal 17 hingga 19 Juli di SMS dan tanggal 21 hingga 26 Juli di MKG.
“JF3 telah berevolusi dalam mendukung kemajuan industri mode Indonesia, pasca pandemi, peran JF3 diharapkan semakin berkembang secara signifikan dengan turut mendorong industri mode Indonesia agar mampu memasuki dan berkompetisi dalam industri mode global," ujar Thresia Mareta, advisor JF3.
"Dalam usahanya untuk memperkuat posisi Indonesia di pasar mode internasional, JF3 bekerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam dan luar negeri. JF3 menghadirkan program-program yang fokus pada pemberdayaan para pelaku bisnis mode. Selain memberikan fasilitas dan aset, JF3 juga membantu eksposur yang menjangkau global”, sambungnya.
Beberapa brand dan desainer yang kali ini berpartisipasi di runway JF3 diantaranya Albert Yanuar, Ansoe, Didi Budiardjo, Ghea Panggabean, Ivan Gunawan, Maison Baaz, Renzi Lazuardi, Ria Miranda, Tities Sapoetra, Yogie Pratama dan masih banyak lainnya.
Selain itu juga hadir beberapa brand lokal seperti Control New, Danjyo Hiyoji, LAKON Indonesia dan Setali Indonesia serta beberapa institusi fashion tanah air seperti Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Indonesia Fashion Chamber (IFC), Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) dan Cita Tenun Indonesia (CTI).
JF3 juga terus melanjutkan upaya pencarian bakat baru melalui kegiatan JF3 Model Search. Audisi kali ini kembali dilakukan di tiga kota besar, yaitu Bali, Yogyakarta dan Jakarta dan berhasil diikuti dengan antusias, sehingga diharapkan akan menjaring talenta baru yang potensial untuk ikut membangun industri mode tanah air di masa depan.
Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta