get app
inews
Aa Read Next : 20 Ton Sampah dari Serpong, Polisi Tindak TPS Ilegal di Bantaran Sungai Cisadane

Pasokan Air Bersih Terganggu, Bendungan Pintu Air 10 Sungai Cisadane Tangerang Jebol

Sabtu, 22 Juli 2023 | 08:51 WIB
header img
Bendungan Pintu Air 10 merupakan peninggalan zaman Belanda yang dibangun pada 1927. Rusak sejak 4 bulan lalu. (Foto : Ist)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Terjadi gangguan pasokan air bersih dan persawahan kering, buntut dari  jebolnya bendungan pintu air 10 Sungai Cisadane, Kota Tangerang

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono mengatakan, kerusakan terjadi pada sistem pintu air di mana 4 pintu air tidak bisa tertutup rapat.

Kerusakan pintu air menyebabkan air terus mengalir dan tak terbendung. Sehingga, Sungai Cisadane tidak bisa mengaliri persawahan dan mengganggu pasokan air bersih.

Peninggalan Zaman Belanda

Bendungan peninggalan zaman Belanda yang dibangun pada 1927 tersebut merupakan aset milik Kementerian PUPR di bawah kendali Balai Besar Wilayah Sungai Cisadane-Ciliwung (BBWSCC) dan dioperasionalkan oleh Dinas PUPR Banten.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani kerusakannya. "Sudah komunikasi juga dengan kepala balai supaya ada perhatian karena dampaknya suplai PDAM dan efek turunannya," ujar Ruta, Jumat (21/7/2023).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut