get app
inews
Aa Read Next : Tanpa Modal dan Mudah, 5 Cara Hasilkan Uang dari Telegram

Tetap Cuan Walau Hanya Rebahan, ini Cara Dapatkan Uang dari Telegram

Senin, 31 Juli 2023 | 09:18 WIB
header img
Cara mendapatkan uang dari Telegram (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada banyak cara mendapatkan uang dari Telegram. Hal itu bisa dilakukan tanpa membutuhkan modal yang besar.

Namun pada dasarnya, Telegram yang dibuat oleh dua bersaudara, Pavel dan Nikolai Durov merupakan aplikasi chatting populer di seluruh dunia. Selain dalam bentuk teks, pengguna juga bisa saling berkirim file ataupun melakukan panggilan suara dan video.

Pada tahun 2022, aplikasi ini telah memiliki 700 pengguna aktif per bulannya. Dengan jumlah yang banyak tersebut, Telegram kerap dijadikan media promosi para pelaku bisnis.

Adapun cara memperoleh tambahan penghasilan dari Telegram adalah sebagai berikut.

Cara mendapatkan uang dari Telegram

1.Menjual produk atau membagikan kode referral di grup Telegram

Sama seperti media sosial lain, Telegram juga memiliki grup yang beranggotakan banyak pengguna. Di grup tersebut, kamu bisa menawarkan produk atau jasa yang kamu miliki.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengirimkan kode referral dari platform lain di grup Telegram. Dengan demikian, kamu akan mendapat komisi dari setiap referral yang digunakan oleh anggota grup.

2.Membuat grup dan menjualnya

Di Telegram, kamu bisa leluasa membuat grup yang membahas mengenai topik tertentu. Promosikan grup tersebut di platform media sosial lain agar grup yang kamu bentuk memiliki banyak anggota.

Jika sudah mempunyai banyak anggota, kamu bisa menjualnya kepada orang yang memerlukan. Pasalnya, banyak dari penjual online saat ini yang melakukan promosi produk pada grup Telegram. 

 

3.Membuat channel Telegram berbayar

Berbeda dengan grup, channel Telegram membuat anggota menerima pesan satu arah, yakni hanya dari admin channel. Untuk memanfaatkan fitur tersebut, kamu bisa membangun channel Telegram dengan tema tertentu.

Di dalam channel, tentunya ada banyak informasi atau file bermanfaat untuk anggota, seperti tips lolos wawancara kerja dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengguna Telegram tak ragu untuk membayar sejumlah biaya demi bisa masuk ke channel tersebut.

4.Mengembangkan bot Telegram

Pengguna Telegram tentu sudah tidak asing dengan adanya robot atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘bot’. Fitur tersebut memungkinkan seseorang mendapat respons dari instruksi yang dikeluarkan.

Karena memiliki banyak peminat, kamu bisa mengembangkan bot di Telegram untuk kemudian kamu jual pada pengguna yang membutuhkan. Namun sebelum itu, kamu harus menguasai ilmu coding terlebih dahulu. Editor : Komaruddin Bagja

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut