get app
inews
Aa Read Next : Tanpa Modal dan Mudah, 5 Cara Hasilkan Uang dari Telegram

Untung Besar dengan Modal Kecil, 10 Cara Dapat Uang dari Telegram

Rabu, 21 Februari 2024 | 14:58 WIB
header img
Cara mendapat uang dari Telegram (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cara mendapat uang dari Telegram sangat bervariasi. Sebagai platform chat online populer, Telegram memiliki banyak fitur yang memungkinkan pengguna mengembangkan akun, grup, atau channel untuk promosi bisnis.

Dengan demikian, aplikasi yang dibuat oleh dua bersaudara, Pavel dan Nikolai Durov ini tak hanya digunakan untuk bertukar pesan teks, suara, gambar, hingga vido. Maka dari itu, tak mengherankan jika Telegram telah memiliki 800 juta pengguna di seluruh dunia pada 2023, menurut laporan Statista.

Adapun cara mendapat uang dari Telegram, yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (17/2/2024), adalah sebagai berikut.

Cara Mendapat Uang dari Telegram

1.Menjual produk 

Sama seperti media sosial lain, Telegram juga memiliki grup yang beranggotakan banyak pengguna. Di grup tersebut, kamu bisa menawarkan produk atau jasa yang kamu miliki.

2. Mengikuti program afiliasi

Selain menjual produk sendiri, kamu juga dapat menjadi affiliate marketer di Telegram. Caranya adalah dengan membangun channel Telegram dengan jumlah pengikut yang agak banyak.

Selanjutnya, kamu dapat membagikan link berbagai produk affiliate di channel tersebut. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan komisi dari anggota grup yang membeli produk di link yang kamu bagikan.

3. Membagikan kode referral di grup Telegram

Kamu dapat mengirimkan kode referral dari platform lain di grup Telegram. Dengan demikian, kamu akan mendapat komisi dari setiap referral yang digunakan oleh anggota grup Telegram.

4. Membuat grup dan menjualnya

Di Telegram, kamu bisa leluasa membuat grup yang membahas mengenai topik tertentu. Promosikan grup tersebut di platform media sosial lain agar grup yang kamu bentuk memiliki banyak anggota.

Jika sudah mempunyai banyak anggota, kamu bisa menjualnya kepada orang yang memerlukan. Pasalnya, banyak dari penjual online saat ini yang melakukan promosi produk pada grup Telegram. 

5. Melakukan endorsement

Jika kamu telah memiliki channel Telegram dengan banyak pengikut, kamu mungkin juga dapat bekerja sama dengan sejumlah brand untuk melakukan endorsement. Dengan begitu, kamu akan dibayar oleh brand yang meng-endorse tersebut.

6. Membuat channel Telegram berbayar

Berbeda dengan grup, channel Telegram membuat anggota menerima pesan satu arah, yakni hanya dari admin channel. Untuk memanfaatkan fitur tersebut, kamu bisa membangun channel Telegram dengan tema tertentu.

Di dalam channel, tentunya ada banyak informasi atau file bermanfaat untuk anggota, seperti tips lolos wawancara kerja dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengguna Telegram tak ragu untuk membayar sejumlah biaya demi bisa masuk ke channel tersebut. 

7. Menawarkan jasa menjadi admin grup Telegram

Beberapa figur publik memutuskan untuk membuat grup atau channel di Telegram. Sebagian dari mereka akan membayar admin untuk mengelola grup atau channel tersebut.

Kamu dapat menawarkan jasa kelola grup atau channel Telegram dengan rutin mengisi konten di sana. Kamu pun akan mendapatkan bayaran dari figur publik tersebut.

8. Mengembangkan bot Telegram

Pengguna Telegram tentu sudah tidak asing dengan adanya robot atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘bot’. Fitur tersebut memungkinkan seseorang mendapat respons dari instruksi yang dikeluarkan.

Karena memiliki banyak peminat, kamu bisa mengembangkan bot di Telegram untuk kemudian kamu jual pada pengguna yang membutuhkan. Namun sebelum itu, kamu harus menguasai ilmu coding terlebih dahulu. 

9. Menawarkan kelas online

Jika kamu memiliki ilmu untuk dibagikan, kamu bisa menawarkan kelas online pada pengguna Telegram. Cara pertama tentu saja dengan menggaet banyak pengikut untuk masuk ke grup atau channel buatanmu.

Kemudian, kamu dapat menjadwalkan kelas online pada masing-masing anggota. Kelas yang dilakukan dengan panggilan video tersebut hanya dapat dimulai saat anggota sudah membayar kelas sesuai kesepakatan.

10. Mengikuti giveaway 

Sama seperti platform media sosial lain, terdapat banyak kuis berhadiah atau giveaway yang bisa diikuti. Namun sebelum itu, kamu biasanya diminta untuk bergabung dengan grup tertentu.

Selanjutnya, kreativitasmu akan diuji untuk memenangkan perlombaan. Hal ini tentu bisa menjadi sarana menambah pundi-pundi penghasilan tanpa modal yang besar.

Demikian 10 cara mendapatkan uang dari Telegram. Semoga bermanfaat. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut