get app
inews
Aa Read Next : Teuku Ryan Beberkan Ria Ricis Selalu Menolak Diajak Hubungan Intim

Hubungan Badan Suami Istri dalam Sepekan, Berapa Kali Ideal dan Afdhalnya

Rabu, 09 Agustus 2023 | 17:16 WIB
header img
Hubungan badan suami istri adalah urusan keterlibatan emosional individual sehingga tidak ada norma yang mengikat tentang berapa kali frekuensi hubungan intim suami istri dalam satu pekan. (Foto: Unsplash)

Ibnu Taimiyah berpendapat, 

ويجب على الزوج وطء امرأته بقدر كفايتها ما لم ينهك بدنه أو يشغله عن معيشته ، .. فإن تنازعا فينبغي أن يفرضه الحاكم كالنفقة وكوطئه إذا زاد 

“Wajib bagi suami berhubungan seks dengan istrinya sesuai kemampuannya selama tidak mengganggu fisik dan tidak melalaikan dari kewajiban mencari nafkah. Jika ini tidak dipenuhi, maka seorang hakim peradilan bisa memaksanya sebagaimana dalam hal nafkah atau sebagaimana dalam hubungan seks yang berlebihan.” (Al Ikhtiyarot Al Fiqhiyyah, hal. 246).

Jika suami harus pergi karena suatu tujuan yang diizinkan oleh syariat atau ada alasan lain yang sah, sebaiknya ia tidak menjauh dari istri terlalu lama.

Dalam situasi di mana suami harus pergi untuk tujuan yang bermanfaat bagi umat Muslim, seperti berjihad di jalan Allah atau menjaga perbatasan, sebaiknya ia tidak meninggalkan istri terlalu lama, tidak lebih dari empat bulan.

Sebagai contoh, pada masa pemerintahan Umar bin Al Khattab radhiyallahu ‘anhu, ia memberikan waktu kepada pasukan untuk pergi meninggalkan keluarga (istri-istrinya) selama tidak lebih dari empat bulan. Setelah empat bulan berlalu, pasukan tersebut harus digantikan dengan pasukan lain. (Rujukan: Fatwa Al Islam Sual wal Jawab no. 1078 oleh Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid).

 

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut