get app
inews
Aa Read Next : Ternyata, Stres Bisa Picu Gula Darah Tinggi Penderita Diabetes

6 Tips Cara Turunkan Gula Darah tanpa Obat

Selasa, 22 Agustus 2023 | 06:15 WIB
header img
Menurunkan gula darah. (Foto: National today)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Saat gula darah tinggi maka kita tidak boleh cuek saja. Gula darah tinggi tak boleh dibiarkan saja. Apalagi gula darah terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan.

Terdapat sejumlah tips menurunkan gula darah tanpa obat yang bisa kamu coba. Dikutip dari Dinkes Semarang Kota, ini tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah tanpa obat. Apa saja?

 diet

1. Konsumsi banyak serat

Makanan dengan tinggi serat juga bisa memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula dalam tubuh, sehingga bisa mencegah gula darah melonjak naik dengan cepat. Tak hanya menstabilkan gula darah, makanan tinggi serat juga bisa menahan nafsu makan, sehingga cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Berbagai makanan tinggi serat yang bisa kamu pilih seperti buah-buahan, sayur, oatmeal, makanan dari gandum, dan kacang-kacangan.

2. Minum banyak air

Minum banyak air memang kerap membuat frekuensi buang air kecil Anda jadi semakin sering. Namun hal ini justru menjadi salah satu cara alami tubuh untuk menurunkan gula darah berlebihan yang dibuang melalui urin. Artinya, jika tubuh kekurangan cairan, gula akan cenderung lebih sulit dikeluarkan dan menetap di dalam tubuh kita. Hal ini menyebabkan gula darah yang tinggi.

Karena itu, pengidap gula darah tinggi disarankan untuk minum air sebanyak delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Sehinga, tidak akan dehidrasi dan kadar gula menjadi stabil.

3. Memperhatikan jumlah asupan karbohidrat

Karbohidrat terkadang memang menjadi salah satu musuh bagi penderita diabetes. Pasalnya, tubuh kita memecah karbohidrat menjadi gula dan glukosa, lalu insulin bekerja memindahkan gula ke dalam sel.

Namun, kerja insulin ada batasnya. Mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan justru membuat insulin gagal memindahkan gula sehingga kadar gula darah naik. Karena itu, penderita diabetes disarankan untuk konsumsi makanan low glycemic-index (GI) atau indeks glikemik rendah dari sekarang. Contohnya seperti beras merah, sayur, buah, kacang, dan yogurt. Jenis makanan ini bisa membantu menstabilkan gula darah.

4. Kontrol porsi makanan

Tak hanya membatasi asupan karbohidrat, bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi juga sebaiknya perlu membatasi porsi makanan untuk mengurangi asupan kalori dan mencegah lonjakan gula darah. Sebaiknya atur pola makan Anda dengan porsi kecil secara perlahan dan selalu membaca jumlah kalori pada label makanan kemasan sebelum mengonsumsinya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut