get app
inews
Aa Read Next : FesPi 2023 Diisi Workshop Social Marketing, Talk Show dan Dihibur JKT48

Jaga Gula Darah Tetap Normal, ini Aturan Olahraga Penderita Diabetes

Minggu, 27 Agustus 2023 | 18:32 WIB
header img
Olahraga bisa menjaga gula darah penderita diabetes tetap normal. Diabetes UK merekomendasikan jalan kaki, bersepeda, berenang sebagai bentuk olahraga ringan. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Olahraga bisa menjaga gula darah penderita diabetes tetap normal. Diabetes UK merekomendasikan jalan kaki, bersepeda, berenang sebagai bentuk olahraga ringan, dan lari, latihan beban sebagai bentuk olahraga berat.

Berkebun, membawa barang belanjaan, dan yoga juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. Hal-hal kecil seperti naik tangga daripada lift atau turun dari bus satu halte lebih awal juga termasuk olahraga yang bisa menjaga gula darah penderita diabetes tetap normal.

Dilansir dari Express, Sabtu (26/8/2023) Diabetes UK menyarankan untuk melakukan aktivitas sedang selama 30 menit, lima hari seminggu, atau aktivitas berat selama 15 menit, lima hari seminggu.

Aktivitas yang meningkatkan kekuatan otot juga dianjurkan setidaknya dua hari dalam seminggu. Membagi waktu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menambah jumlah tersebut secara bertahap dapat membantu Anda melakukannya dengan lebih mudah.

Aturan Olahraga untuk Menjaga Gula Darah Tetap Normal, Penderita Diabetes Tidak Boleh Sembarangan

Foto/Infografis SINDOnews

“Berjalan kaki bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai dan itu adalah sesuatu yang dapat Anda masukkan ke dalam rutinitas sehari-hari juga gratis,” kata Diabetes UK.

“Bergerak lebih banyak setiap hari akan membantu Anda menurunkan berat badan dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Bahkan bergerak sedikit pun akan membuat perbedaan besar,” sambungnya.

Diabetes sendiri terjadi ketika kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Hal ini umumnya dialami pada orang-orang yang tubuhnya tidak memproduksi cukup insulin, atau sel-selnya tidak bereaksi terhadap insulin.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut