get app
inews
Aa Read Next : Walikota Tangsel Benyamin Davnie Beberkan Capaian Ketahanan Pangan hingga Lingkungan

Investasi Rp40 Triliun di IKN Datang dari 10 Konglomerat Indonesia

Jum'at, 22 September 2023 | 08:07 WIB
header img
Konsorium Nusantara yang terdiri dari 10 perusahaan lokal mulai menanamkan modal sebesar Rp40 triliun di IKN hari ini, Kamis (21/9/2023). (Foto : Antara/HO-Kementerian PUPR)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Konsorium Nusantara yang dipimpin bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan mulai menanamkan modal sebesar Rp40 triliun di Ibu Kota Nusantara (IKN).  

Demikian diungkapkan Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Agung Wicaksono, Kamis (21/9/2023).

Agung menuturkan, melalui konsorium tersebut, setidaknya 10 perusahaan lokal yang tergabung, di antaranya Sugianto Kusuma bos Agung Sedayu Group, Anthony Salim pemilik Salim Group, Franky Wijaya pemilik Sinarmas, Pui Sudarto pemilik Pulau Intan.  

Kawasan Sumbu Kebangsaan

Kemudian, Budi Hartono bos Djarum, Wiliam Katuari dari Wings Group, TP Rahmat/Boy Thohir bos Adaro, Prajogo Pangestu pemilik Barito Pacific, Eka Tjandra bos Mulia Gorup, serta Soeryadjaya bos dari Astra Group.

"Hari ini yang groundbreaking ada di kawasan sumbu kebangsaan, di awali dengan hotel, tapi juga di area itu ada perkantoran hingga shoping mall," ujar Agung di sela acara UEA-Indonesia Economic Business Forum 2023 di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

"Dari data yang mereka (konsorsium ASG) sampaikan, informasinya sekitar sampai dengan Rp40 triliun (nilai investasi)," tuturnya.

Dia menambahkan, 10 perusahaan swasta itu melakukan pembangunan di atas lahan seluas 17 hektare yang berada persis di sambung kebangsaan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Itu satu ekosistem kota yang mulai terwujud dengan investasi dari konsorsium di hari ini melakukan groundbreaking dan perusahaan yang akan launching," ucap Agung.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut