get app
inews
Aa Read Next : Aman untuk Anak, Cara Mengenalkan Puasa Secara Dini

Ciri Tumbuh Kembang Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Senin, 23 Oktober 2023 | 07:02 WIB
header img
Ilham Makalang selaku owner GIYATH CDC di Podcast Aksi Nyata pada Jumat (20/10/2023). (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Orang tua tentu menginginkan buah hatinya dapat tumbuh kembang dengan optimal. Namun, seperti apa sih ciri-ciri tumbuh kembang anak yang normal?

Semua anak sebenarnya memiliki standar tumbuh kembang yang sama. Hal itu diungkapkan Ilham Makalang selaku owner GIYATH CDC dalam Podcast Aksi Nyata pada Jumat (20/10/2023).

Ilham Makalang mengatakan, ketika bayi berusia 0-4 bulan, mereka sudah mulai bergerak aktif. Kepala sudah mulai menoleh dan pendengarannya sudah mulai bereaksi terhadap bunyi. 

Selanjutnya, ketika anak beranjak 4-6 bulan, mereka akan mulai tengkurap, guling-guling, dan menggerakkan benda ke kanan atau ke kiri. Lalu, ketika anak beranjak tumbuh ke usia 6-12 bulan, mereka sudah bisa diajarkan duduk dan diajak bicara sambil melakukan eye contact.

"Ajak ngobrol sesuatu yang simpel kayak, Mama, Papa, dadah atau yang basic aja," kata Ilham melalui Podcast Aksi Nyata di YouTube Partai Perindo, Jumat (20/10/2023). 

Kemudian, ketika anak sudah menginjak usia satu sampai dua tahun, mereka sudah bisa untuk membereskan mainan, corat-coret di kertas, mendengarkan cerita, hingga diajak bernyanyi. Kemampuannya akan semakin meningkat kala usianya dua sampai tiga tahun.

Bayi bisa mulai diajarkan untuk memakai baju sendiri, hingga menyantap makanan di piring sendiri. Ketika anak berusia 3-5 tahun, anak-anak mulai bisa diajak berhitung menggunakan gambar sederhana dan angka satu digit, serta mengambil makanan sendiri. 

Saat anak tidak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan standar tersebut, kemungkinan ada masalah dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Ketika hal ini terjadi, orang tua jangan terpuruk dan malu untuk melakukan konseling ke pusat tumbuh kembang anak.

Langkah tersebut merupakan cara terbaik untuk membantu anak terus bertumbuh sesuai dengan usianya. Semakin cepat melakukan konseling, maka semakin cepat juga anak-anak tumbuh dan berkembang sesuai usianya. 

"Buat teman-teman dari generasi millenials dan gen z yang nanti punya anak, harus fokus pada tumbuh kembang anak kalian dan jangan pernah merasa ini masalah jadi terpuruk," ujar Ilham.

"Justru, bergandengan tangan dengan anak untuk tumbuh kembang mereka jauh lebih baik, agar mereka bisa berdiri di kakinya sendiri di masa depan," kata dia.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut