get app
inews
Aa Read Next : Ancaman Panas Terik Tertinggi 36 Derajat Celsius hingga 18 Juni, Peringatan Datang dari BMKG

Cuaca Panas Bisa Rusak Kampas Rem, Mitos atau Fakta?

Senin, 20 November 2023 | 05:00 WIB
header img
Kampas rem merupakan komponen penting pada setiap kendaraan untuk memperlambat dan menghentikan laju. (Foto : SINDOnews)

 

 

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kampas rem merupakan komponen vital pada setiap kendaraan yang berperan dalam memperlambat dan menghentikan laju mobil.

Apabila mengalami masalah, dapat menyebabkan kecelakaan serius, terutama saat kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi.

Sebagian orang beranggapan bahwa kampas rem akan rusak akibat cuaca panas, terutama jika mobil sering terparkir di tempat terbuka.

Kinerja Kampas Rem

Rachmat Dwinata, perwakilan Bendix di Indonesia, mengonfirmasi bahwa suhu tinggi memang dapat memengaruhi kinerja kampas rem.

Rachmat menyarankan pemilik kendaraan untuk menggunakan produk berkualitas dan tidak tergiur dengan harga murah yang bisa membahayakan keselamatan.

Produk dari Bendix menggunakan bahan ceramic yang tahan panas hingga 380 derajat Celsius, menjadikannya pilihan yang aman untuk digunakan.

Penting untuk diingat bahwa menyiram air pada kampas rem yang panas tidak dianjurkan karena dapat merusak komponen pengereman secara keseluruhan.

Hal ini terutama berlaku di daerah dengan iklim tropis seperti Jakarta, di mana penggunaan rem yang sering berhenti-dan-jalan dalam kemacetan dapat memengaruhi daya cengkeram kampas rem seiring waktu. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 05 November 2023 - 15:21 WIB oleh Muhamad Fadli Ramadan dengan judul "Mitos atau Fakta Cuaca Panas Bisa Rusak Kampas Rem". Untuk

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut