get app
inews
Aa Read Next : Jangan Sepelekan! Rawatlah Rem Mobil di Musim Hujan dengan Benar

Perhatikan 4 Indikator Ini, Ngecek Rem Mobil  Bermasalah

Selasa, 11 Juni 2024 | 05:00 WIB
header img
Sistem pengereman yang efektif adalah kunci utama untuk mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan aman. (Foto: Hyundai)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Komponen vital terkadang terabaikan pemilik kendaraan adalah sistem pengereman. Padahal, keselamatan berkendara adalah prioritas utama yang tidak bisa ditawar oleh setiap pemilik kendaraan.

Sistem pengereman yang efektif kunci utama mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan aman.

Fungsi rem tidak hanya sebatas mengurangi kecepatan atau berhenti, tetapi juga menciptakan rasa aman dan percaya diri bagi pengemudi.

Hindari Insiden Serius  

Dalam situasi darurat, kemampuan rem yang optimal bisa menjadi perbedaan antara menghindari kecelakaan dan terlibat dalam insiden serius.

Rem mobil yang berfungsi baik bukan hanya memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang, juga pengguna jalan. Jangan abaikan pengecekan dan perawatan rutin rem,” kata Chief Operating Officer (COO) Hyundai Gowa, Ferry, belum lama ini.

Dia menjelaskan, rem yang berfungsi dengan baik membantu mencegah keausan berlebihan pada komponen lain, seperti cakram dan kampas rem.

Dengan melakukan perawatan rutin, pemilik kendaraan tidak hanya menjaga keamanan berkendara tetapi juga memperpanjang umur pakai komponen kendaraan, meningkatkan kenyamanan, dan mengurangi risiko ketegangan selama perjalanan.

Berikut tanda-tanda rem mobil mengalami masalah:

1.    Suara Mendecit Jika terdengar suara mendecit saat pengereman, kemungkinan kampas rem mulai aus. Suara ini biasanya disebabkan oleh gesekan antara kampas rem dan cakram. Mengabaikan tanda ini bisa mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada sistem pengereman.

2.    Cairan Rem Berkurang Penurunan level cairan rem bisa menunjukkan adanya kebocoran di sistem. Cairan rem yang rendah mengurangi efisiensi rem dan meningkatkan risiko kecelakaan.

3.    Lampu Indikator Rem Menyala Lampu indikator rem yang menyala pada dashboard adalah sinyal serius adanya masalah. Segera periksa dan tangani agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut.

4.    Pedal Rem Keras Jika pedal rem terasa keras saat diinjak, bisa jadi ada masalah pada sistem hidrolik atau master silinder rem. Pedal rem yang keras menyulitkan pengemudi mengontrol kecepatan kendaraan, terutama dalam situasi darurat.

Itulah tanda-tanda rem mobil mengalami masalah. Jangan sampai dibiarkan hingga menyebabkan kecelakaan di jalan.

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut