get app
inews
Aa Read Next : Sedan Mewah GMW Buatan China Pesaing Rolls-Royce

Cermati Hal Ini Sebelum Beli, Banjir Promo Mobil Baru Akhir Tahun

Rabu, 15 November 2023 | 15:00 WIB
header img
Mobil-mobil baru KIA di ajang GIIAS 2023. (Foto : Wahyu Sibarani)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Produsen otomotif selalu berlomba-lomba menawarkan diskon pada pembelian mobil baru akhir tahun. Umumnya, para agen pemegang merek (APM) mobil menawarkan berbagai promo menarik, termasuk potongan harga yang besar.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga kompetitif.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan :

1. Jangan Terburu-buru

 

Meskipun iming-iming diskon besar terdengar menggiurkan, sebaiknya jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Bandingkan harga yang ditawarkan oleh berbagai penjual, karena pada dasarnya para penjual juga sedang mengejar target penjualan.

Ketika mendapatkan diskon maksimal, pastikan juga mendapatkan manfaat lainnya, seperti aksesoris tambahan dan layanan purna jual yang menarik.

2. Pilih Skema Kredit yang Tepat

Skema kredit masih menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang di Indonesia ketika membeli mobil. Skema kredit juga bisa menjadi trik untuk mendapatkan diskon besar pada akhir tahun.

Selain itu, cari merek mobil yang bekerja sama dengan leasing tertentu, karena hal ini dapat memberikan subsidi khusus dari leasing sehingga diskon yang diperoleh dapat lebih besar.

3. Perhatikan Mobil Produksi Awal Tahun

Harga mobil yang laris biasanya akan relatif stabil dibandingkan dengan mobil yang kurang diminati, terutama selama permintaan tinggi. Sebaliknya, pada akhir tahun, mobil-mobil yang memiliki penjualan rendah cenderung memiliki potensi diskon besar, karena stoknya masih banyak di dealer.

Namun, perlu diperhatikan kondisi mobil secara teliti, karena meskipun dianggap sebagai mobil baru, namun bisa jadi merupakan stok lama yang mungkin mengalami penurunan kualitas komponen selama penyimpanan di gudang dealer.

4. Cari Merek yang Berkolaborasi dengan E-Commerce

Saat ini, pembelian mobil baru tidak hanya dapat dilakukan di diler resmi. Beberapa APM juga bekerja sama dengan platform perdagangan elektronik (e-commerce) pada akhir tahun.

 Jika telah mengunjungi diler, tanyakan juga kepada tenaga penjual apakah mereka menerima skema pembelian melalui platform e-commerce. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 06 November 2023 - 07:36 WIB oleh Wahyu Sibarani dengan judul "Banjir Promo Mobil Baru Akhir Tahun, Cermati Hal Ini sebelum Beli". Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: https://otomotif.sindonews.com/read/1244189/120/banjir-promo-mobil-baru-akhir-tahun-cermati-hal-ini-sebelum-beli-1699229510

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut