get app
inews
Aa Read Next : AC Mobil Mulai Lemah, Salah Satu Pertanda Kompresor Bermasalah

Mitos atau Fakta? AC Bikin BBM Mobil Boros

Kamis, 14 Desember 2023 | 05:00 WIB
header img
Kinerja AC itu dibebankan pada mesin. (Foto: Suzuki)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Penggunaan AC pada mobil sangat diperlukan untuk menjaga sirkulasi udara dan kesejukan di dalam kabin. Namun, penggunaan AC dianggap kerap membuat BBM mobil menjadi boros. Benarkah?

Melansir laman Suzuki, menyalakan AC mobil sepanjang perjalanan memang berpotensi membuat konsumsi BBM jadi lebih boros. Apalagi jika menyalakan AC pada suhu yang paling rendah untuk jangka waktu lama.

Perlu diketahui bahwa kinerja AC itu sendiri akan dibebankan pada mesin. Jadi ketika AC bekerja lebih keras maka mesin juga akan bekerja jauh lebih keras. Sementara mesin mendapatkan tenaga untuk bekerja dari bahan bakar.

AC Beri Kontribusi 

“Pada dasarnya AC bukanlah satu-satunya faktor yang akan berpengaruh pada borosnya konsumsi BBM. Namun perlu diketahui bahwa pemakaian AC memang akan memberikan kontribusi,” jelas pihak Suzuki dalam laman resmi.

Simak tips berikut yang bisa membuat kabin tetap sejuk tapi konsumsi bahan bakar tidak terlalu besar seperti dibagikan Suzuki.

Tips Hemat Konsumsi BBM saat Menggunakan AC

1. Atur Suhu dengan Bijak

Mengatur suhu AC agar tetap stabil dapat mengurangi konsumsi BBM. Jika suhu sudah nyaman, naikkan sedikit temperaturnya.

2. Gunakan AC Sesuai Kondisi

Gunakan AC hanya saat diperlukan terutama dalam kondisi panas. Di tempat yang dingin, coba buka kaca mobil untuk sirkulasi udara yang segar.

3. Parkir di Tempat yang Teduh Hindari parkir di tempat yang panas untuk mengurangi suhu dalam kabin. Parkir di tempat teduh bisa membantu mengurangi pemakaian AC secara berlebihan.

4. Mulai dengan Jendela Terbuka

Sebaiknya, buka jendela terlebih dahulu saat baru masuk ke dalam mobil, baru kemudian nyalakan AC dengan suhu normal, bukan yang terendah.

5. Jangan Memaksakan Penggunaan

Hindari menyalakan AC saat bahan bakar sudah menipis untuk mencegah pemakaian yang boros.

AC mobil penting untuk kenyamanan dan pemakaian yang bijak bisa mengurangi konsumsi BBM. (*)

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " AC Bikin BBM Mobil Boros, Mitos atau Fakta? ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/ac-bikin-bbm-mobil-boros-mitos-atau-fakta/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut